Microsoft Ungkap 37 Serangan Siber Rusia di Ukraina Agar Menang di Medan Perang

Microsoft Ungkap 37 Serangan Siber Rusia di Ukraina Agar Menang di Medan Perang

Global | okezone | Kamis, 28 April 2022 - 13:46
share

WASHINGTON - Microsoft (MSFT.O) dalam sebuah laporan pada Rabu (27/4) mengatakan peretas pemerintah Rusia melakukan beberapa operasi siber terhadap Ukraina yang tampaknya mendukung serangan militer Moskow dan kampanye propaganda online.

Intrusi yang dilaporkan - beberapa di antaranya belum pernah diungkapkan sebelumnya - menunjukkan bahwa peretasan telah memainkan peran yang lebih besar dalam konflik daripada apa yang telah diketahui publik.

Para peneliti menemukan serangan digital, yang menurut Microsoft dimulai satu tahun sebelum invasi Rusia 24 Februari, mungkin telah meletakkan dasar bagi misi militer yang berbeda di wilayah yang dilanda perang.

Microsoft mengatakan, antara 23 Februari dan 8 April, pihaknya mengamati total 37 serangan siber destruktif Rusia di Ukraina.

Para ahli mengatakan temuan ini menggarisbawahi bagaimana perang modern dapat menggabungkan serangan digital dan kinetik.

Jenderal dan mata-mata Rusia telah mencoba menjadikan serangan siber sebagai bagian dari upaya perang mereka saat mereka berjuang di medan perang, kata Thomas Rid, profesor Studi Strategis di Sekolah Studi Internasional Lanjutan Paul H. Nitze di Universitas Johns Hopkins.

Microsoft mengatakan peretasan dan operasi militer Rusia bekerja "bersama-sama dengan target yang ditetapkan bersama." Perusahaan teknologi itu mengatakan tidak dapat menentukan apakah korelasi ini didorong oleh pengambilan keputusan yang terkoordinasi atau hanya karena tujuan bersama.

Topik Menarik