5 Negara dengan Luas Wilayah Terkecil di Dunia, Ada yang Seluas Kota Banda Aceh

5 Negara dengan Luas Wilayah Terkecil di Dunia, Ada yang Seluas Kota Banda Aceh

Global | inewsid | Kamis, 28 April 2022 - 06:33
share

JAKARTA, iNews.id - Negara dengan luas wilayah terkecil di dunia ternyata cukup banyak. Ada yang seluas salah satu kota di Indonesia bahkan hanya punya luas 2 kilometer persegi.

Dilansir oleh World Atlas, inilah 5 negara dengan luas wilayah terkecil di dunia.

1. Vatikan

Vatikan merupakan negara terkecil di dunia yang luas wilayahnya hanya 0,49 kilometer persegi. Vatikan terletak di tengah Kota Roma, Italia menjadikannya juga dikenal sebagai negara-kota.

Negara ini merupakan tempat bersejarah dan rumah bagi Tahta Suci (The Holy See), atau nama lain dari pemerintahan Gereja Katolik Roma.

Paus merupakan kepala administrasi di negara ini, dan otoritasnya mencakup semua umat Katolik di seluruh dunia. Negara ini juga memiliki mata uangnya sendiri, yakni Euro Vatikan yang sudah diterima di seluruh zona Euro.

2. Monako

Monako merupakan kerajaan berdaulat yang terletak di sepanjang Laut Mediterania, di Riviera Prancis. Negara ini memiliki luas sekitar 2 kilometer persegi.

Monako dikenal sebagai surga pajak bagi orang yang sangat kaya. Negara ini juga terkenal dengan pariwisatanya, kasino judi, pantai-pantainya yang mewah, serta acara balap mobil seperti Grand Prix de Monaco.

3. Nauru

Negara terkecil di dunia selanjutnya adalah Nauru yang memiliki luas wilayah sekitar 20 kilometer persegi. Negara ini bertempat di sebuah pulau yang berada di barat daya Samudra Pasifik.

Sekitar empat per lima penduduk Nauru memeluk agama Kristen yang merupakan hasil misionaris yang datang ke pulau itu pada akhir 1800-an.
Pertambangan fosfat mendominasi sumber pendapatan Nauru sejak abad ke-20. Hampir semua barang manufaktur, makanan, bahkan air di Nauru didatangkan dari Australia.

4. Tuvalu

Tuvalu memiliki luas wilayah sekitar 30 kilometer persegi. Tuvalu merupakan kepulauan kecil yang terletak di barat-tengah Samudra Pasifik.
Naiknya permukaan air laut akibat pemanasan global perlahan mulai menutupi daratan negara ini.

5. San Marino

Luas negara San Marino sekitar 60 kilometer persegi, merupakan negara dengan luas wilayah terkecil nomor lima di dunia. Letak San Marino ini terkurung oleh daratan di tengah Italia.

Jika disamakan dengan luas kota yang ada di Indonesia, luas negara San Marino kira-kira sama dengan kota Banda Aceh.

Itulah negara dengan luas wilayah terkecil di dunia. Negara mana yang pernah kamu kunjungi?

Topik Menarik