Biden dan Obama Khawatir Trump Kembali ke Twitter setelah Dibeli Elon Musk

Biden dan Obama Khawatir Trump Kembali ke Twitter setelah Dibeli Elon Musk

Global | sindonews | Selasa, 26 April 2022 - 09:00
share

WASHINGTON - Miliarder Elon Musk telah menyebut dirinya sebagai "absolut kebebasan berbicara" yang akan merevolusi peran Twitter dalam debat publik. Dia mencapai kesepakatan untuk membeli Twitter sekitar USD44 miliar pada Senin (25/4/2022).

"Pejabat pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengungkapkan kekhawatiran bahwa pembelian Twitter oleh Pendiri SpaceX dan CEO Tesla Elon Musk akan menyebabkan kembalinya mantan Presiden AS Donald Trump di platform itu," ungkap laporan CNBC.

Menurut mereka, Gedung Putih memantau dengan cermat kesepakatan itu, khawatir pengambilalihan Twitter dapat memicu gelombang disinformasi di platform tersebut.

Ini diduga dapat membahayakan peluang Partai Demokrat menjelang pemilu paruh waktu AS yang dijadwalkan untuk musim gugur ini, serta pemilu presiden mendatang pada 2024.

Gedung Putih tidak mengesampingkan bahwa Musk dapat mengizinkan Trump dan sejumlah politisi Partai Republik yang terkait dengannya untuk memulihkan akses mereka di Twitter, di mana mantan presiden telah diblokir selama berbulan-bulan.

"Kekhawatiran tentang prospek semacam itu telah diungkapkan rekan terdekat Joe Biden, termasuk mantan Presiden Barack Obama," ungkap laporan CNBC.

Namun, raja real estat New York itu mengatakan kepada Fox News bahwa dia tidak akan kembali ke Twitter, di mana dia memiliki 88 juta pengikut sebelum dia dilarang dari platform, yang menuduhnya menyebarkan informasi palsu yang disalahkan karena memicu kerusuhan di US Capitol pada 6 Januari 2021.

"Saya tidak menggunakan Twitter, saya akan tetap menggunakan KEBENARAN," papar Trump.

"Saya berharap Elon membeli Twitter karena dia akan membuat perbaikan dan dia adalah orang yang baik, tapi saya akan tetap pada KEBENARAN," ujar dia.

Musk telah berulang kali mengeluh bahwa kebebasan berbicara dibatasi di Twitter. Dia mengatakan dalam pernyataan setelah kesepakatan tercapai bahwa Twitter adalah "alun-alun kota digital" di mana hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan.

Musk juga mengatakan Twitter memiliki potensi luar biasa untuk dibuka dan dia bermaksud meningkatkan platform dengan "fitur-fitur baru, membuat algoritme open source untuk meningkatkan kepercayaan, mengalahkan bot spam, dan mengautentikasi semua manusia."

Topik Menarik