Laporan Intelijen Kirim Sinyal Penting, Amerika Pasang Kuda-Kuda Lawan Sanksi

Laporan Intelijen Kirim Sinyal Penting, Amerika Pasang Kuda-Kuda Lawan Sanksi

Global | wartaekonomi | Senin, 25 April 2022 - 23:20
share

Amerika Serikat menghentikan sanksi yang direncanakan terhadap "nyonya" Presiden Vladimir Putin, mantan pesenam Olimpiade Alina Kabaeva, pada menit terakhir, The Wall Street Journal melaporkan Minggu (24/4/2022).

Pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada surat kabar itu bahwa sebuah laporan intelijen rahasia yang dibuat saat menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016, memilih Kabaeva sebagai penerima kekayaan pribadi Putin. Pemerintah AS juga percaya bahwa dia adalah ibu dari setidaknya tiga anak Putin.

Namun, Dewan Keamanan Nasional AS dilaporkan membuat keputusan jam ke-11 untuk menghapus Kabaeva dari paket sanksi terbaru negara itu, yang dirancang untuk menekan Kremlin setelah invasi ke Ukraina pada 24 Februari.

"Mereka percaya bahwa menjatuhkan sanksi pada Kabaeva akan dianggap sebagai pukulan pribadi bagi Putin, menghambat upaya untuk merundingkan perdamaian," kata para pejabat kepada WSJ .

"Kami telah menyiapkan sanksi terhadap sejumlah orang yang belum terkena sanksi, dan kami terus memikirkan kapan akan menjatuhkan sanksi tersebut untuk dampak maksimal," kata seorang pejabat AS kepada surat kabar tersebut.

Kremlin telah lama membantah adanya hubungan antara Putin dan Kabaeva, sementara artikel berita tentang pertunangan mereka yang dikabarkan telah dengan cepat dihukum oleh sensor Rusia.

Pejabat Swiss, AS, dan Eropa mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa Kabaeva melakukan perjalanan ke Swiss untuk melahirkan anak Putin pada 2015. Pada 2019, ia dilaporkan melahirkan anak kembar di Moskow.

Kabaeva mengepalai media holding pro-Kremlin, The National Media Group, yang menghapus namanya dari situs webnya sesaat sebelum putaran lain sanksi Barat pada awal April. Sanksi itu menargetkan dua putri dewasa Putin dengan mantan istrinya, Lyudmila Shkrebneva.

Kabaeva, 39, membuat penampilan publik yang langka pada Sabtu untuk memfilmkan pameran senam yang dijadwalkan akan disiarkan sebagai bagian dari peringatan Hari Kemenangan Rusia pada Mei.

"Setiap keluarga memiliki kisah yang berhubungan dengan perang, dan kita harus meneruskan kisah-kisah ini kepada generasi mendatang," kata Kabaeva di festival yang dinamai festival Alina untuk menghormatinya.

Berbicara tentang reaksi internasional terhadap perang Rusia di Ukraina - termasuk pesenam Rusia, hakim dan pelatih yang dilarang dari kompetisi internasional - Kabaeva mengatakan: "Kami hanya akan menang dari ini."

Topik Menarik