Dubes Iran Azad Temui Menkominfo, Bahas Kerja Sama Bilateral

Dubes Iran Azad Temui Menkominfo, Bahas Kerja Sama Bilateral

Global | rm.id | Senin, 25 April 2022 - 07:05
share

Duta Besar (Dubes) Iran untuk Indonesia Mohammad Azad sowan ke kantor Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate, Jumat (22/4). Kedatangannya ini untuk mendiskusikan delapan subjek kerja sama. Antara lain dua subjek terkait hubungan internasional dan enam terkait hubungan bilateral RI-Iran.

Dalam keterangan resmi Kominfo, Jumat (22/4), kerja sama tingkat internasional yang dibahas Dubes Azad bersama Menteri Johnny, yakni kerja sama untuk mendukung pejabat dua negara yang akan duduk di forum dan manajemen International Telecommunication Union (ITU).

Untuk kerja sama bilateral, Dubes Azad membahas keamanan siber (cyber security ), kerja sama terkait dengan aerospace corporation, ekonomi digital (digital economy) dan super-aplikasi. Mereka juga membahas kerja sama di bidang postal dan layanan logistik bisnis e-commerce antara Indonesia dan Iran.

Namun yang terdekat, Azad menyampaikan keinginannya agar Iran dan Indonesia bisa membuat pameran bersama dan menerbitkan perangko bersama untuk memperingati 70 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Iran yang dimulai sejak 1950.

Alangkah menyenangkan jika kita bisa memperingati momen bersejarah tersebut dengan berbagai pameran kedekatan kedua negara sejak dulu. Momen ini pun pantas diabadikan dalam sebuah perangko khusus, terang Dubes Azad.

Meski perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Iran-Indonesia sudah dua tahun lalu, Dubes Azad merasa tidak ada kata terlambat untuk merayakan momen baik tersebut.

Selain itu, kami juga membahas keinginan agar Iran-Indonesia membuat film dokumenter mengenai hubungan kedua negara, lanjutnya.

Menurut Menkominfo Johnny, rencana pembuatan film dokumenter tersebut sangat bagus karena bertujuan untuk membangun hubungan Iran dan Indonesia agar lebih baik lagi.

Johnny menambahkan, pihak Iran ingin mengirim tim, yang disebut dengan tim Soraya, yang akan melakukan ekspedisi di Indonesia di berbagai titik Indonesia.

Apalagi mereka juga yakin bahwa Indonesia nanti akan menjadi negara keempat ekonomi terbesar di dunia. Iran berkeinginan dari sekarang untuk lebih mengenal kelebihan dan kekuatan Indonesia melalui film dokumenter yang akan mereka buat, pungkas Johnny. [ DAY ]

Topik Menarik