Rusia Klaim Tembak Jatuh Jet Tempur dan 3 Helikopter Ukraina

Rusia Klaim Tembak Jatuh Jet Tempur dan 3 Helikopter Ukraina

Global | inewsid | Sabtu, 23 April 2022 - 17:15
share

MOSKOW, iNews.id - Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim telah menembak jatuh sebuah jet tempur Su-25 Ukraina dan menghancurkan tiga helikopter MI-8 di sebuah lapangan terbang di wilayah Kharkiv, Ukraina.

Tidak ada reaksi langsung dari Ukraina mengenai klaim Rusia tersebut.

Sementara itu, di hari yang sama, Sabtu (23/4/2022), semua kota yang dikuasai Ukraina di wilayah timur Luhansk terus-menerus ditembaki oleh pasukan Rusia. Hal itu disampaikan gubernur wilayah itu, Serhiy Haidai di televisi.

Dia mengatakan pasukan Ukraina meninggalkan beberapa permukiman di sana untuk berkumpul kembali. Tetapi langkah itu tidak berarti kemunduran yang signifikan.

Rusia terus membantah menargetkan wilayah sipil Ukraina.

Sebelumnya, Ukraina Volodymyr Zelensky mengingatkan negara lain, invasi Rusia ke negaranya hanya awalan. Setelah Ukraina, Rusia akan menyerang negara lain di kawasan.

Pernyataan itu disampaikan Zelensky setelah jenderal Rusia, Rustam Minnekayev, mengatakan militernya akan merebut Ukraina selatan. Saat ini Rusia masih fokus di Ukraina timur dengan merebut wilayah Donbass meliputi Donetsk dan Luhansk setelah menguasai Kota Mariupol.

"Semua negara, yang seperti kami, percaya akan kemenangan kehidupan atas kematian, harus berjuang bersama kami. Mereka harus membantu kami, karena kami adalah barisan pertama. Siapa yang akan menjadi selanjutnya?" kata Zelensky, dalam pesan video yang rilis Jumat malam, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (23/4/2022).

Topik Menarik