ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Bom Masjid Afghanistan, 30 Orang Tewas

ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Bom Masjid Afghanistan, 30 Orang Tewas

Global | sindonews | Kamis, 21 April 2022 - 20:31
share

KABUL - Satu ledakan kuat menewaskan 30 orang dan melukai 80 orang lainnya di satu masjid di Mazar-i-Sharif, Provinsi Balkh, Afghanistan pada Kamis (21/4/2022).

Kantor berita Afghanistan Hama Press melaporkan pada Kamis (21/4/2022), jumlah korban tewas terus meningkat karena banyak yang terluka parah dalam serangan itu. Awalnya dilaporkan korban tewas hanya 5 orang.

It is reported that a powerful explosion in the Shiite sanctuary Seh Dekan in the city of Mazar-i-Sharif in Balkh province during prayer. Possibly terrorist attack by IS militants. #Afghanistan pic.twitter.com/s2tyd4qn0h

www.anoncandanga.com???????? (@anon_candanga) April 21, 2022

Beberapa foto dan video, yang menggambarkan akibat dari ledakan mematikan itu, beredar secara online.

Kelompok teror Negara Islam (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas pengeboman tersebut.

Mazar-i-Sharif adalah salah satu pusat Islam Syiah di Afghanistan, di mana masjid terbesar di sana, Hazrat Ali Mazar.

Ini adalah masjid untuk Ali bin Abu Thalib, kerabat dan sahabat Nabi Muhammad yang merupakan salah satu tokoh sentral yang dihormati Muslim Syiah.

.
.#_ pic.twitter.com/VZAgmz1whO

Sara Ahmadi (@SaraAhmadi2121) April 21, 2022

Situasi di negara itu tetap tegang setelah gerakan Taliban merebut Kabul pada Agustus dan membangun kendali atas negara itu.

Afghanistan masih menderita akibat aksi teroris, karena kelompok ISIS melanjutkan aktivitasnya, seringkali menargetkan masjid dan ruang publik lainnya dengan serangan mematikan mereka.

Kelompok ISIS sering menargetkan masjid di komunitas Syiah. Saat ini ISIS menjadi salah satu ancaman keamanan yang dihadapi Taliban.

Topik Menarik