Menhan Taiwan: Perang Ukraina Akan Mengubah Rencana Invasi China

Menhan Taiwan: Perang Ukraina Akan Mengubah Rencana Invasi China

Global | sindonews | Rabu, 20 April 2022 - 22:43
share

TAIPEI - Tantangan yang dihadapi Rusia selama invasinya ke Ukraina akan memaksa China untuk mengubah pedoman invasinya sendiri. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Taiwan , Rabu (20/4/2022).

Konsensus di antara para ahli strategi militer adalah bahwa, seperti halnya Kremlin, kepemimpinan di Beijing merencanakan kemenangan yang cepat dan menentukan ketika bergerak untuk mencaplok negara tetangga Taiwan di masa depan. Namun, banyak yang percaya bahwa kurangnya kemajuan Rusia, dan perlawanan Ukraina pada khususnya, telah membuat China berhenti sejenak untuk berpikir.

Beberapa analis percaya Beijing akan menyimpulkan bahwa hanya serangan saturasi berat dan supremasi udara terhadap pulau itu yang dapat memberikan keunggulan yang dibutuhkan China bagi pasukannya untuk menyeberangi selat untuk menyerang dan menduduki kota-kota padat penduduk di Taiwan.

Yang lain mengatakan Xi Jinping, yang membutuhkan pencapaian politik untuk membenarkan masa jabatan ketiganya sebagai pemimpin, mungkin beralih untuk merebut salah satu pulau terpencil Taiwan, seperti yang dilakukan Vladimir Putin dengan Crimea atau Donbas, dengan sedikit dorongan dari Barat.

"Perang Rusia-Ukraina telah memberi tahu semua negara, termasuk negara kita sendiri, dan musuh kita tidak terkecuali," kata Menteri Pertahanan Taiwan, Chiu Kuo-cheng.

"Kami harus terus memantau (situasi) dengan cermat. Kami memiliki kesempatan yang sangat bagus untuk belajar, dan kami akan menggunakannya," imbuhnya.

"Itu pasti akan berubah. Adapun bagaimana itu akan berubah, itulah yang terus kami nilai," kata Chiu tentang pedoman invasi China seperti dikutip dari Newsweek .

Perlawanan Ukraina, sekarang di minggu kedelapan, memiliki implikasi untuk Taiwan juga. Para perencana pertahanan melihat angkatan bersenjata yang diperlengkapi dengan cerdas dan masyarakat yang bermotivasi tinggi kemungkinan akan menambah lapisan pencegahan tambahan terhadap China, yang, seperti Rusia, menawarkan keunggulan numerik yang hebat.

Selama beberapa dekade, kemungkinan intervensi militer Amerika Serikat dalam krisis Selat Taiwan telah menjadi faktor kunci. Amerika Serikat memiliki kebijakan "ambiguitas strategis" yang disengaja yang membuat Beijing dan Taipei terus menebak-nebak. Namun, di Ukraina, dimensi baru telah muncul dengan konsekuensi potensial bagi pertahananintelijen Taiwan.

Para pejabat AS telah mengisyaratkan bahwa cakupan dukungan intelijen yang diberikan kepada Kiev, termasuk secara real time, dapat menjadi model untuk membantu Taipei dalam perjuangannya sendiri di masa depan. Namun, beberapa orang khawatir bahwa keberhasilan penerapan pembagian intelijen Amerika dapat menggantikan dukungan senjata atau pasukan.

Lalu ada sanksi Barat, yang kecepatan dan luasnya akan membuat para pemimpin "menggelisahkan" di Beijing, Direktur CIA William Burns mengatakan kepada Komite Intelijen DPR pada awal Maret.

"Saya pikir ada dampak pada kalkulus China berkaitan dengan Taiwan," kata Burns.

Setiap serangan hipotetis di Taiwan akan berputar di sekitar suasana politik di Zhongnanhai, di puncak kepemimpinan Partai Komunis China (PKC). Chen Ming-tong, kepala intelijen Taiwan, percaya invasi tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat, dengan Xi Jinping berpikiran untuk menjaga stabilitas di negara itu tahun ini dan tahun depan.

Namun, pada hari Selasa, seorang pejabat Taiwan yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Taipei Times bahwa Xi Jinping dapat meluncurkan serangan terbatas setelah PKC memberinya masa jabatan lima tahun ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya di Kongres Nasional ke-20 mendatang, yang dikabarkan akan berlangsung pada bulan November.

"Untuk mengalihkan perhatian dari masalah domestik - kebangkitan kembali COVID dan kemerosotan ekonomi - pemimpin China mungkin berusaha untuk mencaplok salah satu pulau Taiwan," kata pejabat itu, yang menyebut Kinmen dan Matsu, dekat dengan pantai China, dan Pulau Pratas yang terpencil atau Itu Aba di Laut Cina Selatan.

"Karena merebut Taiwan dengan benar akan sulit, pos-pos yang lebih kecil akan menjadi target yang jauh lebih mungkin," kata pejabat itu.

"China mungkin juga mengambil isyarat dari pengakuan Rusia atas daerah-daerah separatis di Ukraina sebagai dalih untuk invasinya, dan mengklaim bahwa mereka berusaha untuk \'bergabung kembali\' dengan daerah-daerah \'pro-China\' dengan tanah airnya," imbuhnya.

Menteri Pertahanan Chiu tidak secara langsung membahas prospek invasi terbatas ketika ditanya tentang prediksi tersebut.

"Apakah (China) menyerang pulau-pulau terpencil atau pulau utama (Taiwan), misi utama angkatan bersenjata adalah untuk melatih perang," ujarnya.

"Inilah yang kami jaga, dan itu tidak akan berhenti," katanya kepada wartawan di luar badan legislatif Taiwan.

Sementara penilaian politik pejabat anonim itu mungkin tidak mewakili pemikiran saat ini di dalam lembaga pertahanan Taiwan, ada tanda-tanda nyata bahwa perang berkepanjangan Rusia di Ukraina telah membuat China banyak berpikir.

"Perjuangan militer Rusia saat ini, yang telah lama kami kagumi, mengirimkan gelombang kejut besar ke seluruh partai," sebuah laporan Nikkei Asia pada hari Rabu mengutip seorang anggota senior PKC.

"Ada kesadaran baru tentang betapa sulitnya menyeberangi selat itu," kata seorang mantan anggota militer China.

Taiwan memiliki sejumlah besar radar yang terus-menerus memindai langit dan laut di sekitar pulau untuk mencari pergerakan pasukan China. Pentagon dipahami memiliki jalur langsung ke perangkat keras pengumpulan intelijen Taiwan, beberapa di antaranya dibeli dari AS dan dipasang oleh para insinyur Amerika.

Penumpukan pasukan China, cukup untuk meluncurkan kemajuan skala besar, oleh karena itu kemungkinan akan terdeteksi beberapa bulan sebelumnya. Mengingat keakuratan pengungkapan intelijen AS sebelum invasi Rusia, peringatan serupa dari Washington akan datang dengan kredibilitas baru di masa depan.

Tidak heran Chiu, pejabat tinggi pertahanan Taiwan, mengatakan dia "cukup terkejut" membaca berita tentang serangan China yang sedang berlangsung, setelah sebuah stasiun televisi Taiwan secara keliru menyiarkan berita palsu tentang sebuah invasi - bagian dari latihan pertahanan tahunan - bersama dengan berita utama hari Rabu pukul 7 pagi.

Topik Menarik