Polisi Ukraina Selidiki Temuan 269 Mayat di Irpin

Polisi Ukraina Selidiki Temuan 269 Mayat di Irpin

Global | sindonews | Selasa, 19 April 2022 - 06:04
share

IRPIN - Penyelidik Ukraina telah memeriksa 269 mayat di Irpin, dekat Kiev, sejak kota itu diambil kembali dari pasukan Rusia pada akhir Maret. Hal itu diungkapkan seorang pejabat polisi pada Senin (18/4/2022), ketika para pekerja menggali kuburan baru di pinggirannya.

Irpin, yang berpenduduk sekitar 62.000 jiwa sebelum perang, adalah salah satu titik utama pertempuran dengan pasukan Rusia, sebelum mereka mundur dari wilayah utara Ukraina untuk mengintensifkan serangan mereka di timur.

Baca: Militer AS Akan Latih Warga Ukraina Gunakan Meriam Howitzer

Di sebuah pemakaman di pinggiran Irpin, puluhan kuburan baru telah digali dan ditumpuk dengan karangan bunga. Di bawah pengawasan beberapa pelayat yang menangis, para pekerja buru-buru menyekop tanah berpasir ke dalam satu kuburan pada hari Senin.

"Sampai sekarang, kami telah memeriksa 269 mayat," kata Serhiy Panteleyev, Wakil Kepala Pertama Departemen Investigasi Utama Polisi, pada briefing online, seperti dikutip dari Reuters.

Dia mengatakan, pekerjaan forensik sedang berlangsung untuk menentukan penyebab kematian banyak korban, berbagi foto sisa-sisa manusia yang hangus parah. "Tujuh lokasi di Irpin, di mana warga sipil diduga ditembak telah diperiksa," lanjutnya tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Baca: PBB: Gencatan Senjata Rusia-Ukraina Mungkin Tercapai Beberapa Pekan Mendatang

Rusia sendiri membantah menargetkan warga sipil dan menolak tuduhan bahwa pasukannya melakukan kejahatan perang di wilayah pendudukan Ukraina. Namun, beberapa laporan bertolak belakang dengan pengakuan Rusia tersebut.

Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, dialognya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin terhenti setelah pembunuhan massal ditemukan di Ukraina.

"Sejak pembantaian yang kami temukan di Bucha dan di kota-kota lain, perang telah mengambil giliran yang berbeda, jadi saya tidak berbicara dengannya lagi sejak itu. Tetapi, saya tidak mengesampingkan melakukannya di masa depan," kata Macron kepada televisi 5 Prancis.

Baca: Zelensky: Ukraina Bisa Jadi Kandidat UE dalam Beberapa Pekan

Ditanya mengapa dia tidak mengikuti contoh para pemimpin Eropa lainnya dan melakukan perjalanan ke ibukota Ukraina, Kiev, Macron mengatakan bahwa pertunjukan dukungan dengan sendirinya tidak diperlukan setelah invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina.

"Saya akan kembali ke Kiev. Tetapi, saya akan pergi ke sana untuk membawa sesuatu yang berguna bersama saya, karena jelas bahwa saya tidak perlu pergi ke sana untuk menunjukkan dukungan ini," kata Macron.

Topik Menarik