Putin Berpotensi Gunakan Senjata Nuklir, Zelensky: Dunia Bersiaplah!

Putin Berpotensi Gunakan Senjata Nuklir, Zelensky: Dunia Bersiaplah!

Global | sindonews | Sabtu, 16 April 2022 - 15:57
share

KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dunia harus bersiap untuk kemungkinan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan menggunakan senjata nuklir dalam perang yang sedang berlangsung.

Zelensky berkomentar sehari setelah Direktur CIA William Burns mengatakan: "Mengingat potensi keputusasaan Presiden Putin dan kepemimpinan Rusia, mengingat kemunduran yang mereka hadapi sejauh ini secara militer, tidak ada dari kita yang dapat menganggap enteng ancaman yang ditimbulkan oleh potensi penggunaan senjata nuklir taktis atau senjata nuklir low-yield ".

Zelensky bereaksi atas komentar Burns. "Tidak hanya sayaseluruh dunia, semua negara harus khawatir karena itu bukan informasi nyata, tetapi bisa jadi kebenaran," kata Zelensky kepada CNN , yang dilansir Sabtu (16/4/2022).

"Kita harus berpikir jangan takut, jangan takut tapi bersiaplah," ujarnya.

Pada hari Kamis, Burns bersumpah bahwa CIA tidak menganggap enteng kemungkinan Putin menggunakan senjata nuklir.

"Kami tidak, sementara kami telah melihat beberapa sikap retoris di pihak Kremlin,tentang pindah ke tingkat siaga nuklir yang lebih tinggi, sejauh ini kami belum melihatbanyak bukti praktis tentang jenis pengerahan atau disposisi militer yang akan memperkuat kekhawatiran itu," kata Burns.

"Kami sangat memperhatikannya," katanya lagi. "Itu salah satu tanggung jawab terpenting kami di CIA."

Perang Rusia-Ukraina telah memasuki hari ke-51. Pada hari keempat konflik, Presiden Putin telah menaikkan status siaga untuk pasukan nuklirnya menjadi "rezim khusus tugas tempur."

Topik Menarik