Kapal Perang Rusia Tenggelam, Bos CIA Sebut Risiko Perang Nuklir Meningkat

Kapal Perang Rusia Tenggelam, Bos CIA Sebut Risiko Perang Nuklir Meningkat

Global | sindonews | Sabtu, 16 April 2022 - 01:05
share

WASHINGTON - Direktur CIA William Burns menyebut risiko perang nuklir di Ukraina meningkat setelah kapal perang kebanggan Rusia , Moskva, tenggelam di Laut Hitam. Ukraina mengeklaim kapal penjelajah rudal itu dihantam rudal anti-kapal Neptune pada Rabu malam.

Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi kapal Moskva tenggelam pada Kamis, setelah sebelumnya terbakar dan diguncang ledakan.

Kementerian itu enggan mengakui bahwa kapal itu dihantam rudal oleh pasukan Ukraina dan menyatakan ledakan berasal dari amunisi yang dibawanya yang dipicu oleh kebakaran. Penyebab kebakaran, lanjut kementerian itu, masih dalam penyelidikan.

Menurut CIA, tenggelamnya kapal perang Moskva di Laut Hitam bisa cukup untuk membuat Presiden Rusia Vladimir Putin terperanjat.

Dunia mengamati dengan cermat apa yang dilakukan Putin selanjutnya setelah kapal perang tersebut dihantam rudal Neptune oleh Ukraina. Segera setelah itu, suara sirene serangan udara menggelegar di setiap wilayah Ukraina secara bersamaan.

Burns mengatakan Ukraina harus siap untuk pembalasan dalam skala baru dan perang akan dibawa ke tingkat lain. Berbicara kepada mahasiswa dan fakultas di Institut Teknologi Georgia di Atlanta pada hari Jumat, Burns mengatakan potensi serangan nuklir adalah nyata.

"Bab terakhir dalam perang Putin belum ditulis, karena dia menggiling di Ukraina," kata Burns.

"Saya tidak ragu tentang rasa sakit dan kerusakan yang kejam yang dapat terus ditimbulkan oleh Putin di Ukraina, atau kebrutalan mentah yang diterapkan oleh pasukan Rusia," ujar Burns, seperti dikutip dari AFP , Sabtu (16/4/2022).

Dia mengatakan Putin putus asa untuk membalikkan perang agar menguntungkan Rusia setelah Ukraina melakukan pukulan besar di laut dan mengirim pasukan penyerang yang bergegas dari upaya serangan di ibu kota Kiev.

"Mengingat potensi keputusasaan Presiden Putin dan kepemimpinan Rusia, mengingat kemunduran yang mereka hadapi sejauh ini, secara militer, tidak ada dari kita yang dapat menganggap enteng ancaman yang ditimbulkan oleh potensi penggunaan senjata nuklir taktis atau senjata nuklir low-yield [hasil rendah]," imbuh bos CIA.

"Kami jelas sangat prihatin. Saya tahu (Presiden AS Joe Biden) sangat prihatin untuk menghindari Perang Dunia III, tentang menghindari ambang batas di mana, Anda tahu, konflik nuklir menjadi mungkin."

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menambahkan, kekhawatiran yang dirasakan oleh negara-negara Barat dengan peringatan bahwa Rusia akan menyebarkan senjata nuklir di dekat negara-negara Baltik dan Skandinavia, jika Finlandia atau Swedia memutuskan untuk bergabung dengan NATO.

Medvedev, wakil ketua dewan keamanan dan presiden Rusia dari 2008 hingga 2012, menulis di Telegram bahwa jika negara-negara itu bergabung dengan NATO, itu akan melipatgandakan perbatasan darat Rusia dengan anggota NATO.

"Tentu saja, kita harus memperkuat perbatasan ini. Dalam hal ini, tidak mungkin lagi membicarakan status non-nuklir Baltik. Keseimbangan harus dipulihkan," katanya, menunjukkan bahwa Rusia berhak untuk menyebarkan senjata nuklir di wilayah tersebut.

Diskusi tentang senjata nuklir muncul setelah media Ukraina, Nexta , mengumumkan di Twitter bahwa telah ada peringatan serangan udara di seluruh wilayah Ukraina.

The Kyiv Independent juga mengumumkan bahwa peringatan serangan udara telah diumumkan di semua wilayah Ukraina sekaligus.

Anggota Parlemen Ukraina Lesia Vasylenko mengungkapkan beberapa ledakan telah terjadi di Kiev, dengan sirene serangan udara yang sedang berlangsung sudah terdengar selama hampir satu jam.

"Tiga ledakan di Kiev sekarang. Satu demi satu," tulisnya di Twitter.

"Peringatan serangan udara telah berlangsung selama satu jam. Kemungkinan besar Putin menjadi marah karena Moskva tenggelam. Ya, kami akan tetap berdiri menghadapi gangguan Rusia."

Peringatan itu menyusul peringatan bahwa Presiden Vladimir Putin dapat meluncurkan "eskalasi segera" perangnya di Ukraina setelah kapal perangnya, Mosvka, diserang rudal Ukraina.

Media pemerintah Ukraina pada Kamis melaporkan kapal perang kebanggaan Armada Laut Hitam Rusia, yang telah terlibat dalam serangan Angkatan Laut di Ukraina, telah rusak parah oleh sebuah ledakan. Laporan muncull ketika Moskow mengancam akan menyerang pusat komando Kiev.

Kementerian Pertahanan Rusia berada dalam mode krisis setelah kapal Moskva diserang.

"Saat ditarik...menuju pelabuhan tujuan, kapal kehilangan keseimbangan karena kerusakan yang terjadi di lambung saat kebakaran terjadi setelah amunisi meledak," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

"Mengingat laut berombak, kapal tenggelam."

Kementerian sebelumnya mengatakan bahwa api telah dipadamkan dan kapal bisa tetap mengapung. Sementara itu, serangan Rusia di Ukraina kota terbesar kedua di Kharkiv terus berlanjut. Kota dekat perbatasan Rusia telah berada di garis depan timur sejak dimulainya perang dan mengalami kehancuran besar-besaran.

Menurut data PBB, mereka yang melarikan diri dari Ukraina sekarang berjumlah 4,7 juta dalam 50 hari sejak Rusia meluncurkan invasi. Orang lain yang telah memutuskan untuk tetap tinggal menghadapi ancaman nyata bahwa pasukan penyerang akan menargetkan kota mereka selanjutnya.

Topik Menarik