Zelensky: Agresi Rusia Menargetkan Seluruh Eropa

Zelensky: Agresi Rusia Menargetkan Seluruh Eropa

Global | sindonews | Minggu, 10 April 2022 - 13:28
share

KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia menargetkan seluruh Eropa dengan agresinya, dan menghentikan invasi ke Ukraina sangat penting untuk keamanan semua negara demokrasi.

Dalam pidatonya pada larut malam kepada seluruh warga Ukraina hari Sabtu, Zelensky mengatakan bahwa agresi Rusia tidak dimaksudkan untuk terbatas pada Ukraina saja dan seluruh proyek Eropa adalah target untuk Rusia.

"Itulah mengapa bukan hanya tugas moral semua negara demokrasi, semua kekuatan Eropa, untuk mendukung keinginan Ukraina untuk perdamaian," katanya.

"Ini, pada kenyataannya, adalah strategi pertahanan untuk setiap negara beradab," imbuhnya seperti dikutip dari AP , Minggu (10/4/2022).

Pidatonya datang ketika warga sipil terus melarikan diri dari bagian timur negara itu sebelum serangan gencar yang diperkirakan dan petugas pemadam kebakaran mencari korban di kota utara yang tidak lagi diduduki oleh pasukan Rusia.

Beberapa pemimpin Eropa telah melakukan upaya untuk menunjukkan solidaritas dengan negara yang dilanda pertempuran itu. Zelensky berterima kasih kepada para pemimpin Inggris dan Austria atas kunjungan mereka hari Sabtu ke Kiev, ibu kota Ukraina, dan janji dukungan lebih lanjut.

Dia juga berterima kasih kepada presiden Komisi Eropa dan perdana menteri Kanada untuk acara penggalangan dana global yang membawa lebih dari USD11 miliar untuk warga Ukraina yang telah meninggalkan rumah mereka.

Zelensky mengulangi seruannya untuk embargo penuh atas minyak dan gas Rusia, yang disebutnya sebagai sumber "kepercayaan diri dan impunitas" Rusia.

"Kebebasan tidak punya waktu untuk menunggu," seru Zelensky.

"Ketika tirani memulai agresinya terhadap segala sesuatu yang menjaga perdamaian di Eropa, tindakan harus segera diambil," ujarnya.

Lebih dari enam minggu setelah invasi dimulai, Rusia telah menarik pasukannya dari bagian utara negara itu, sekitar Kiev, dan memfokuskan kembali wilayah Donbas di timur.

Citra satelit Maxar yang baru dirilis yang dikumpulkan pada hari Jumat menunjukkan konvoi kendaraan militer sejauh 13 kilometer menuju selatan ke wilayah Donbas melalui kota Velykyi Burluk di Ukraina.

Analis militer Barat mengatakan busur wilayah di Ukraina timur berada di bawah kendali Rusia, dari Kharkiv kota terbesar kedua Ukraina di utara hingga Kherson di selatan.

Tetapi serangan balik mengancam kendali Rusia atas Kherson, menurut penilaian Barat, dan pasukan Ukraina berhasil menangkal serangan Rusia di tempat lain di Donbas, wilayah industri dan sebagian besar wilayah yang berbahasa Rusia.

Topik Menarik