Tiongkok Dukung John Lee untuk Pimpin Hong Kong

Tiongkok Dukung John Lee untuk Pimpin Hong Kong

Global | koran-jakarta.com | Kamis, 7 April 2022 - 05:22
share

HONG KONG - Menteri Keamanan Hong Kong, John Lee, berpeluang akan jadi pemimpin Hong Kong berikutnya yang akan menggantikan Carrie Lam, setelah media lokal pada Rabu (6/4) mengumumkan bahwa Lee telah mendapat dukungan dari Tiongkok.

"Lee, 64 tahun, telah mendapat restu dari pemerintah pusat untuk menjadi kepala eksekutif," tulis surat kabar South China Morning Post yang mengutip keterangan sejumlah pihak yang mengetahui informasi tersebut.

Setelah secara resmi mengumumkan akan ikut serta dalam pemilihan pemimpin Hong Kong yang baru, Lee rencananya akan mengundurkan diri dari jabatannya pada Rabu, dan pengunduran dirinya itu merupakan sebuah langkah penting bagi setiap pejabat yang ingin naik jabatan yang lebih tinggi.

Jika tak ada kandidat lain yang ikut serta dalam pemilihan, maka Lee akan jadi calon tunggal dalam pemilihan bagi menentukan kepala eksekutif Hong Kong yang baru yang digelar 8 Mei mendatang, dan hal itu akan menandai untuk pertama kalinya dalam dua dekade seorang kandidat mencalonkan diri tanpa lawan.

Pemimpin Hong Kong berikutnya akan mulai menjabat pada 1 Juli mendatang. SB/Bloomberg/I-1

Topik Menarik