Aksi Brutal Pasukan Vladimir Putin Bikin Uni Eropa Murka

Aksi Brutal Pasukan Vladimir Putin Bikin Uni Eropa Murka

Global | genpi.co | Selasa, 5 April 2022 - 07:25
share

GenPI.co - Aksi brutal pasukan Vladimir Putin yang membantai ratusan warga Sipil Ukraina membuat Uni Eropa (UE) murka.

Blok negara-negara barat itu hari Senin (4/4) mengatakan bahwa pihaknya segera membahas babak baru sanksi terhadap Rusia.

Uni Eropa akan memajukan, sebagai hal yang mendesak, mengerjakan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia," kata kepala kebijakan luar negeri Josep Borrell dalam sebuah pernyataan atas nama UE.

Dia mengatakan bahwa UE berdiri dalam solidaritas penuh dengan Ukraina dan rakyatnya di saat-saat suram ini bagi seluruh dunia.

Seorang pejabat UE mengatakan kepada AFP bahwa paket sanksi baru terhadap Rusia akan dibahas minggu ini.

Para menteri luar negeri Uni Eropa kemudian dapat memeriksanya, baik di sela-sela pertemuan NATO yang terjadi Rabu dan Kamis, atau pada pertemuan reguler mereka awal pekan depan.

Borrell mengatakan dalam pernyataannya bahwa UE "mengutuk dengan sekeras mungkin" kekejaman yang dilaporkan di kota-kota Ukraina yang telah diduduki oleh pasukan Rusia, termasuk kota Bucha, di mana mayat-mayat ditemukan dengan tangan terikat.

"Pembantaian di kota Bucha dan kota-kota Ukraina lainnya akan tertulis dalam daftar kekejaman yang dilakukan di tanah Eropa," kata Borrell.

Dia mengatakan bahwa pihak berwenang Rusia bertanggung jawab atas kekejaman ini, yang dilakukan saat mereka memiliki kendali efektif atas daerah tersebut.

Pernyataan itu menekankan bantuan Uni Eropa kepada jaksa Ukraina yang berfokus pada pengumpulan dan pelestarian bukti kejahatan perang.

UE juga memberikan dukungan terhadap penyelidikan yang diluncurkan oleh Pengadilan Kriminal Internasional dan komisaris hak asasi manusia PBB.(*)

Kalian wajib tonton video yang satu ini:

Topik Menarik