Terancam oleh Rusia, Polandia Siap Jadi Markas Bom Nuklir AS

Terancam oleh Rusia, Polandia Siap Jadi Markas Bom Nuklir AS

Global | sindonews | Senin, 4 April 2022 - 08:07
share

WARSAWA - Polandia , negara NATO di dekat Ukraina, menyatakan terbuka untuk dijadikan markas bom atau senjata nuklir Amerika Serikat (AS). Tawaran itu muncul setelah Warsawa merasa terancam oleh Rusia sejak menginvasi Ukraina.

Wakil Perdana Menteri Polandia Jaroslaw Kaczynski mengatakan dia terbuka dengan gagasan menyebarkan senjata nuklir taktis AS di negaranya.

Dia juga menyerukan Washington untuk mengirim puluhan ribu tentara Amerika lagi ke Eropa untuk memeriksa ancaman Rusia.

Kaczynski, yang memimpin Partai Hukum dan Keadilan yang berkuasa, juga mendesak NATO untuk melakukan lebih banyak di Ukrainakhususnya, mengirim misi penjaga perdamaian dan memberikan senjata seperti yang diminta Presiden Volodymyr Zelenskydan mengatakan dia "sangat tidak puas" dengan Jerman.

"Sayap timur harus dilindungi jauh lebih baik di masa depan daripada sebelumnya," kata Kaczynski kepada surat kabar Jerman Welt Am Sonntag , yang dilansir Senin (4/4/2022).

Dia meminta Amerika untuk menempatkan 50.000 tentara lagipeningkatan 50 persendengan sebagian besar dari total berada di Baltik dan Polandia, yang merupakan sekutu NATO.

"Mari kita hadapi itu: Para prajurit kekuatan nuklir AS adalah yang terkuat menghentikan Rusia dari menyerang negara-negara NATO dan memberi kami keamanan terbesar," ujarnya.

Ditanya apakah menurutnya AS harus mengerahkan senjata nuklir taktis ke Eropa Timur, Kaczynski mengatakan dia telah mendiskusikan gagasan itu dengan para senator Amerika.

"Saat itu, mereka pikir itu mungkin. Jika Amerika meminta kami untuk menyimpan senjata nuklir Amerika di Polandia, kami akan terbuka untuk itu," kata Kaczynski kepada Welt Am Sonntag .

"Ini akan secara signifikan memperkuat pencegahan [serangan] Moskow. Saat ini, masalah ini tidak muncul, tetapi mungkin akan segera berubah. Inisiatif harus datang dari Amerika. Namun, pada prinsipnya, masuk akal untuk memperluas pembagian senjata nuklir ke timur," paparnya.

Menurut Center for Arms Control and Non-Proliferation, sebuah organisasi nirlaba nonpartisan yang berkomitmen untuk menghilangkan ancaman senjata pemusnah massal, AS dan sekutunya tidak mengungkapkan jumlah stok nuklir Amerika yang dikerahkan di Eropa.

Tetapi organisasi itu memperkirakan bahwa ada 100 senjata nuklir milik AS yang disimpan di lima negara anggota NATO di enam pangkalan: Kleine Brogel di Belgia, Pangkalan Udara Bchel di Jerman, Pangkalan Udara Aviano dan Ghedi di Italia, Pangkalan Udara Volkel di Belanda, dan Incirlik di Turki.

"Senjata tidak dipersenjatai atau dikerahkan di pesawat; mereka malah disimpan di brankas bawah tanah WS3 di pangkalan udara nasional, dan kode Permissive Action Link (PAL) yang digunakan untuk mempersenjatai mereka tetap berada di tangan Amerika," kata organisasi tersebut.

"Untuk digunakan, bom akan dimuat ke pesawat tempur berkemampuan ganda yang ditunjuk NATO."

Kaczynski dengan tajam mengkritik pemerintah Jerman atas penanganannya terhadap Ukraina, dengan mengatakan Berlin harus menyediakan lebih banyak senjata dan berpotensi mendorong embargo minyak Rusia di Uni Eropa.

"Kita tidak boleh terus-menerus mendukung kekuatan besar Rusia dengan miliaran biaya pembelian energi. Ini tidak dapat diterima secara politik dan moral. Ini harus dihentikan dan Jerman akhirnya harus mengambil posisi yang jelas tentang masalah ini," katanya.

Kaczynski juga menuduh Jerman tidak cukup memperhitungkan Perang Dunia II dan masih belum memenuhi kewajiban keuangannya.

Kementerian Luar Negeri Rusia, Kementerian Luar Negeri Jerman, dan Departemen Luar Negeri AS belum memberikan komentar.

Topik Menarik