China Incar Industri Live Steaming Jadi Pemasukan Negara, Ini Cara Cari Cuannya

China Incar Industri Live Steaming Jadi Pemasukan Negara, Ini Cara Cari Cuannya

Global | wartaekonomi | Rabu, 30 Maret 2022 - 20:17
share

Administrasi Perpajakan Negara China mengatakan akan menindak pihak yang berupaya menghindari pajak di industri layananlive streamingyang sedangbooming.

Pemerintah akan mulai mewajibkan platform daring untuk melaporkan identitas, pendapatan, dan keuntungan dari pengguna fitur tersebut setiap enam bulan.

Badan perpajakan China mengatakan di situs resmi, bahwa penggunalive streamingdan platform harus bersaing secara adil dan memenuhi kewajiban hukum untuk membayar pajak.

"Livestreaming telah memainkan peran penting dalam beberapa tahun terakhir dalam mempromosikan pekerjaan yang fleksibel," katanya.

"Pada saat yang sama, ada masalah seperti manajemen yang buruk oleh platform streaming langsung, perilaku pemasaran komersial yang tidak teratur, penghindaran pajak, yang menghambat perkembangan industri yang sehat dan merusak keadilan sosial dan keadilan," ujar Administrasi Perpajakan Negara.

Pengguna fiturlive streamingtelah meningkat popularitasnya di China. Jutaan influencer menjalankan saluran seperti Douyin, Kuaishou, dan platform video pendek lainnya. Mereka berbicara tentang berbagai topik termasuk gaya hidup, makanan, permainan, dan perjalanan.

Regulator China telah menargetkan beberapa pengguna layanan itu dalam penghindaran pajak, khususnya beberapa yang menjual produk melalui live streaming.

Selebriti internet Viya, yang nama aslinya adalah Huang Wei dan dikenal di hina karena kehebatan penjualannya, didenda 1,34 miliar yuan pada Desember tahun lalu. Dia menyembunyikan pendapatan pribadi dan pelanggaran lainnya pada 2019 dan 2020.

Topik Menarik