Pria Bersenjata Tembak Mati 2 Polisi Israel, ISIS Bertanggung Jawab

Pria Bersenjata Tembak Mati 2 Polisi Israel, ISIS Bertanggung Jawab

Global | inewsid | Senin, 28 Maret 2022 - 07:11
share

TEL AVIV, iNews.id - Pria bersenjata menembak mati dua polisi Israel di sebuah jalanan kota, Minggu (27/3/2022). Para pelaku juga ditembak mati petugas tak lama setelah kejadian. ISIS mengklaim bertanggung jawab dalam pernyataan melalui Telegram.

Serangan terjadi di Hadera, kota berjarak sekitar 50 kilometer dari Tel Aviv. Seorang pejabat Israel mengatakan pelaku merupakan warga Arab-Israel dan simpatisan ISIS.

Rekaman CCTV yang disiarkan stasiun televisi Israel menunjukkan, dua pria melepaskan tembakan menggunakan senapan serbu di jalanan utama Hadera. Target penembakan adalah dua polisi perbatasan Israel.

Setelah itu kedua pelaku ditembak mati polisi yang saat kejadian sedang makan di restoran sekitar lokasi.

"Untungnya, petugas kami berhasil menetralisir pelaku penyerangan dan mencegah serangan teroris lebih besar," kata juru bicara kepolisian nasional Israel, Eli Levy, kepada stasiun televisi Kan.

Insiden ini terjadi bertepatan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken. Dia menghadiri pertemuan para menlu Israel dengan tiga negara Arab yang menormalisasi hubungan dengan Israel, yakni Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Maroko, di Negev.

"Kami mengecam serangan teroris hari ini di Hadera, Israel. Tindakan kekerasan dan pembunuhan yang tidak masuk akal seperti itu tidak punya tempat di masyarakat. Kami mendukung Israel dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban," kata Blinken di Twitter.

Serangan ini terjadi 5 hari setelah seorang pria keturunan Arab menikam dan menabrak warga Israel di Kota Beersheba, Sedikitnya empat orang tewas dalam penyerangan itu. Pelaku ditembak mati seorang pejalan kaki.

Pejabat keamanan Israel memperingatkan eskalasi serangan terhadap warganya menjelang Ramadan. Serangan biasanya terjadi di periode ini berdasarkan pengalaman sebelumnya.

Topik Menarik