Inggris Bawa Angin Segar untuk Ukraina, Rusia Bisa Kalang Kabut

Inggris Bawa Angin Segar untuk Ukraina, Rusia Bisa Kalang Kabut

Global | genpi.co | Kamis, 24 Maret 2022 - 15:10
share

GenPI.co - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyebutkan bakal memberi bantuan sekitar 6.000 rudal baru bagi pertahanan Ukraina serta hampir 30 juta paun (568,4 miliar) untuk mendukung liputan saluran penyiaran BBC di wilayah itu dan membayar gaji para tentara dan pilot Ukraina.

Johnson juga akan mengisyaratkan kesediaan Inggris untuk mendukung lebih lanjut kemampuan pertahanan Ukraina.

"Inggris Raya akan bekerja sama dengan sekutu-sekutu untuk meningkatkan dukungan militer dan ekonomi bagi Ukraina," ujar Johnson saat pertemuan para pemimpin Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan G7, dilansir dari Reuters, Kamis (24/3/2022).

Menurutnya, memperkuat kemampuan pertahanan Ukraina untuk membalikkan keadaan dalam pertempuran melawan Rusia.

"Satu bulan dalam krisis ini, masyarakat internasional punya satu pilihan. Kita bisa menjaga agar api kebebasan terus hidup di Ukraina, atau terancam padam di seluruh Eropa dan dunia," jelasnya.

Bagian dari paket bantuan Inggris lainnya akan memberikan 6.000 peluru kendali.

Serta dukungan keuangan senilai 25 juta paun bagi militer Ukraina.

Inggris juga akan menyediakan dana 4,1 juta paun bagi BBC World Service untuk membantu layanan siaran bahasa Ukraina dan Rusia media itu serta menangkal informasi yang salah.

Inggris turut komitmen akan memberikan hingga 10.000 rudal.

Terakhir akan ada tambahan dana berjumlah total 400 juta paun (sekitar Rp7,58 triliun) yang diberikan melalui bantuan kemanusiaan dan ekonomi kepada Ukraina.(*)

Video viral hari ini:

Topik Menarik