Protes Antiperang Rusia-Ukraina, Penasihat Putin Mengundurkan Diri

Protes Antiperang Rusia-Ukraina, Penasihat Putin Mengundurkan Diri

Global | okezone | Kamis, 24 Maret 2022 - 06:40
share

RUSIA - Anatoly Chubais telah mengundurkan diri dari perannya sebagai penasihat utusan internasional untuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia menjadi pejabat paling senior yang mengundurkan diri sejak invasi Rusia ke Ukraina. pengunduran dirinya disebut-sebut sebagai sikap protes antiperang Rusia-Ukraina.

Setelah perang dimulai, dia memposting foto Boris Nemtsov di Facebook seorang tokoh oposisi yang terbunuh, yang disebut-sebut sebagai sikap kritisnya. Tidak ada komentar yang menyertai foto itu yang di-posting pada hari peringatan pembunuhannya di depan Kremlin. Dia juga belum memberikan komentar tentang pengunduran dirinya.

Sebuah sumber mengatakan kepada kantor berita Tass bahwa dia telah meninggalkan Rusia serta mengundurkan diri sebagai perwakilan khusus untuk Presiden Putin. Laporan Rusia mengatakan saat ini dia berada di Turki bersama istrinya.

"Ya, Chubais telah mengundurkan diri atas keinginannya sendiri. Tetapi apakah dia telah meninggalkan [Rusia] atau tetap, itu urusan pribadinya," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Chubais tidak dilihat sebagai orang dalam Kremlin, meskipun memiliki jabatan perwakilan khusus untuk hubungan dengan organisasi internasional. Chubais diberi tugas untuk mengoordinasikan tujuan pembangunan berkelanjutan Rusia secara internasional.

Topik Menarik