Pakar: Peningkatan Pasien Covid-19 di AS Bisa di Luar Kendali

Global | inewsid | Published at Minggu, 14 Juni 2020 - 07:00
Pakar: Peningkatan Pasien Covid-19 di AS Bisa di Luar Kendali

WASHINGTON DC, iNews.id – Pakar penyakit menular Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci, memperingatkan perubahan sementara peningkatan jumlah pasien rawat inap Covid-19 di sejumlah negara bagian AS bisa tak terkendali. Itu akan terjadi jika aturan pelacakan kontak yang kuat tidak diterapkan pemerintah.

"Saat pembatasan pada kegiatan ekonomi dicabut, AS pasti mengalami kasus infeksi yang terus meningkat," kata Fauci kepada CNN, akhir pekan ini.

"Akan tetapi kalau mulai lebih banyak orang dirawat-inap, itu menjadi tanda yang menyala bahwa kita berada dalam situasi bahwa kita sedang menuju arah yang salah," ujarnya.

Sejauh ini, lebih dari 114.000 orang meninggal akibat virus corona di AS, menurut hitungan Reuters. Sejumlah negara bagian di negeri Paman Sam sedang bergelut dengan peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang mengisi tempat tidur rumah sakit.

Negara Bagian Texas dan North Carolina pada Jumat (12/6/2020) lalu melaporkan tingkat rawat inap tertinggi sejak pandemi. Namun, para pejabat di kedua negara bagian itu juga menunjukkan tingkat terendah kematian Covid-19.

Fauci menyoroti bahwa peningkatan jumlah pasien rawat inap menjadi kecenderungan yang mengkhawatirkan sekaligus sebuah tanda bahwa mungkin AS perlu menunda pelonggaran.

Texas termasuk di antara beberapa negara bagian di AS yang berkeras ingin membuka kembali ekonomi mereka. Gubernur Texas, Greg Abbott, pada Jumat mengatakan saat wawancara dengan KYTX TV, negara bagiannya tetap akan mempertahankan rencana tersebut.

"Sebab, kami mempunyai begitu banyak tempat tidur rumah sakit yang tersedia bagi siapa saja yang sakit," katanya.

Artikel Asli