Hasil Studi: Bank-bank Asia "Gagal" dalam Upaya Dekarbonisasi

Hasil Studi: Bank-bank Asia "Gagal" dalam Upaya Dekarbonisasi

Global | koran-jakarta.com | Kamis, 24 Maret 2022 - 00:00
share

SHANGHAI - Bank-bank di Asia "gagal" dalam memenuhi janji global untuk mengatasi perubahan iklim dan menyelaraskan dengan tujuan dekarbonisasi negara mereka, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Rabu (23/3).

Hampir 200 negara menandatangani pakta di Glasgow tahun lalu, menyerukan bank dan lembaga keuangan di seluruh dunia untuk memobilisasi lebih banyak keuangan untuk membantu mencapai tujuan iklim global dan mencari cara inovatif untuk membayar adaptasi iklim.

Namun, tinjauan terhadap 32 bank di seluruh Asia Timur dan Tenggara menunjukkan tidak ada yang membuat komitmen jelas atau rencana implementasi memadai untuk memenuhi tujuan perjanjian iklim Paris, menurut Asia Research & Engagement (ARE), kelompok lingkungan yang berbasis di Singapura.

Produk Keuangan Hijau

Bank-bank dengan cepat meluncurkan produk keuangan hijau, tetapi mereka tertinggal dalam hal membersihkan produk mereka yang ada dan melaksanakan kebijakan yang diperlukan untuk mengalihkan modal dari industri padat karbon.

"Ini menimbulkan kekhawatiran pencucian hijau bahwa bank mencari manfaat pemasaran untuk kesepakatan keuangan berkelanjutan sambil memberikan tingkat keuangan yang lebih tinggi untuk industri kotor," kata laporan itu, dikutip dari Reuters .

Dari 32 bank di ekonomi besar, seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Indonesia, hanya sembilan yang memiliki komitmen nol-bersih jangka panjang untuk emisi yang mereka biayai, sementara hanya 13 yang memiliki kebijakan yang melarang pembiayaan pembangkit listrik tenaga batu bara baru.

Bank-bank Asia dengan peringkat tertinggi adalah Grup DBS di Singapura, yang telah menetapkan target net-zero jangka panjang, tetapi belum membuat rencana jangka pendek dan menengah yang jelas, dan juga memiliki sejumlah kesenjangan dalam kebijakan pembiayaannya. DBS tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Topik Menarik