Ukraina Klaim Hentikan Laju Pasukan Rusia, Hancurkan Ribuan Alat Tempur termasuk Pesawat

Ukraina Klaim Hentikan Laju Pasukan Rusia, Hancurkan Ribuan Alat Tempur termasuk Pesawat

Global | inewsid | Senin, 21 Maret 2022 - 17:55
share

KIEV, iNews.id - Ukraina mengklaim berhasil menghentikan laju pasukan Rusia di semua lini. Pasukan Rusia disebut tidak punya kekuatan lagi untuk mengubah kondisi.

Penasihat kepresidenan Ukraina Alexey Arestovych mengatakan tentaranya memberikan perlawanan lebih kuat selama pertempuran di lapangan.

Menurut Arestovych, tentara termasuk perwira Rusia mendapatkan tekanan setelah Badan Keamanan Federal Rusia menyebut para komandan pengecut dan berkarakter lemah.

Militer Ukraina pada Minggu kemarin mengklaim telah membunuh sekitar 14.700 tentara Rusia sejak invasi pada 24 Februari.

Selain itu tentara Ukraina telah menghancurkan total 96 pesawat Rusia, 118 helikopter, 476 tank, 1.487 kendaraan lapis baja, 947 kendaraan, 21 drone, 60 truk tangki bahan bakar dan tiga kapal.

Belum cukup, setidaknya 230 artileri Rusia, 74 peluncur roket, dan 44 sistem pertahanan udara Rusia juga dihancurkan.

Klaim mengenai kerusakan dan korban di kedua pihak belum bisa diverifikasi secara independen.

Namun PBB memperkirakan setidaknya 902 warga sipil telah tewas dan sekitar 1.460 lainnya terluka sejak invasi. Angka sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi karena kondisi di lapangan sulit untuk memverifikasinya.

Sementara itu 10 juta orang meninggalkan rumah mereka, termasuk mengungsi keluar Ukraina. Berdasarkan data PBB, hampir 3,4 juta orang meninggalkan Ukraina. Sebanyak 2 juta di antaranya keluar ke Polandia, 530.000 Rumania, dan lebih dari 362.000 lainnya ke Moldova. Sekitar 6,5 juta orang mengungsi di dalam negeri.

Topik Menarik