Rusia Pamer Kehebatan Drone Tempur di Ukraina, Hancurkan Tank dan Kendaraan Militer

Rusia Pamer Kehebatan Drone Tempur di Ukraina, Hancurkan Tank dan Kendaraan Militer

Global | inewsid | Rabu, 16 Maret 2022 - 14:45
share

MOSKOW, iNews.id - Rusia menujukkan keandalan drone tempurnya melawan tentara Ukraina. Drone bernama Inokhodets itu menghancurkan tank serta kendaraan lapis baja lainnya.

Dalam video yang dirilis Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia melalui akun Telegram, seperti dilaporkan kembali Sputnik, Rabu (16/3/2022), pesawat tanpa awak itu membidik sasaran truk angkut, kendaraan lapis baja, dan satu kendaraan lainnya.

Dalam pernyataan, Kemhan menyebutkan target yang menjadi sasaran penembakan termasuk tank Ukraina.

Tak disebutkan apakah serangan itu menimbulkan korban atau tidak, termasuk waktu dan lokasi serangan.

Selama ini jarang terekspos serangan Rusia di Ukraina menggunakan drone tempur. Militer Rusia mengandalkan jet tempur dan rudal jarak pendek dan menangah untuk membombardir wilayah-wilayah Ukraina, seperti Kalibr dan Iskander. Selain itu untuk serangan jarak dekat dan membantu pasukan darat, pasukan Rusia juga mengandalkan serangan dari helikopter serbu dan artileri, di samping kendaraan lapis baja.

Sementara itu Ukraina mengandalkan serangan udara dengan drone Bayraktar TB2 buatan Turki serta jet tempur buatan era Soviet.

Dalam beberapa kesempatan militer Ukraina mengklaim telah menembak jatuh belasan jet tempur dan helikopter Rusia serta menghancurkan ratusan tank serta kendaraan lapis baja lainnya. Selain mengandalkan drone Bayraktar, Ukraina juga menggunakan rudal manpads yang ditembakkan personel seperti Japelin dan Stinger untuk merontokkan tank, helikopter, maupun jet tempur.

Topik Menarik