Menelisik Taktik Rusia Merekrut Tentara Bayaran Melawan Ukraina

Menelisik Taktik Rusia Merekrut Tentara Bayaran Melawan Ukraina

Global | okezone | Minggu, 13 Maret 2022 - 09:40
share

SEJUMLAH akun media sosial dan grup-grup percakapan digunakan di Rusia untuk merekrut kelompok tentara bayaran. Mereka akan dikerahkan bersama pasukan Angkatan Darat dalam pertempuran di Ukraina.

Salah seorang serdadu sewaan dan seorang mantan petempur yang punya keterkaitan erat dengan sebuah perusahaan tentara swasta di Rusia berbincang dengan BBC. Mereka berbagi sejumlah hal-hal terperinci mengenai rangkaian upaya perekrutan.

Beberapa pekan sebelum invasi dimulai, serdadu sewaan tersebut mengungkap kepada BBC bahwa banyak veteran organisasi rahasia Wagner dikontak melalui grup percakapan Telegram. Mereka diundang untuk menghadiri "piknik di Ukraina" dan menyantap "Salo", lemak babi yang merupakan hidangan tradisional Ukraina.

Undangan itu secara khusus ditujukan pada "mereka yang punya catatan kriminal, utang, dicoret dari kelompok-kelompok tentara bayaran, atau tanpa paspor eksternal". Pesan tersebut juga menyebut "orang-orang dari kawasan Luhansk dan Donetsk yang diduduki Rusiadiundang dengan hormat".

Kelompok Wagner adalah salah satu organisasi paling rahasia di Rusia. Keberadaannya secara resmi tidak diakui karena bertugas sebagai tentara bayaran melanggar hukum di Rusia dan juga hukum internasional.

Topik Menarik