Presiden Zelensky: Ukraina Berada di Titik Balik Perang Melawan Rusia

Presiden Zelensky: Ukraina Berada di Titik Balik Perang Melawan Rusia

Global | inewsid | Sabtu, 12 Maret 2022 - 12:53
share

LVIV, iNews.id - Ukraina berada di titik balik perang melawan Rusia. Pasukan Rusia kembali menyatukan kekuatan di luar Ibu Kota Kiev beserta peralatan tempur, mengindikasikan mereka akan melancarkan serangan besar-besaran setelah percobaan pertama gagal di masa awal invasi.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Ukraina telah mencapai titik balik strategis setelah serangan Rusia memasuki pekan ketiga.

"Tidak mungkin untuk mengatakan berapa hari lagi yang masih kita miliki untuk membebaskan tanah Ukraina. Tapi yang bisa dikatakan, kita akan melakukannya. Kita sudah bergerak menuju tujuan, kemenangan," ujarnya, dalam pesan video, dikutip dari Reuters, Sabtu (12/3/2022).

Pasukan Rusia membombardir kota-kota di penjuru Ukraina pada Jumat, serangan terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia II. Gambar satelit menunjukkan pasukan Rusia menembakkan artileri saat maju ke Kiev.

Pertempuran menyebabkan lebih dari 2,3 juta orang mengungsi dan ribuan warga Ukraina lainnya terjebak di beberapa kota zona pertempuran.

Presiden Rusia Vladimir Putin bersikeras tak akan menghentikan serangan sampai Ukraina melucuti militer alias menyerah. Putin juga diyakini ingin menggulingkan Zelensky serta para pejabat Ukraina lain yang disebutnya sebagai neo-Nazi.

Topik Menarik