Pertemuan Joe Biden dengan Pemimpin ASEAN Ditunda, Ini Sebabnya

Pertemuan Joe Biden dengan Pemimpin ASEAN Ditunda, Ini Sebabnya

Global | inewsid | Rabu, 9 Maret 2022 - 16:19
share

PHNOM PENH, iNews.id - Pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dengan para pemimpin negara ASEAN ditunda. Pertemuan tingkat tinggi itu sedianya digelar pada 28 dan 29 Maret 2022 di Washington DC.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Kamboja Prak Sokhonn mengatakan penyelenggara akan menentukan waktu pertemuan di kemudian hari.

"Pertemuan ini ditunda di kemudian hari karena beberapa pemimpin ASEAN tidak bisa hadir pada tanggal yang diusulkan," kata Prak Sokhonn, kepada Reuters, Rabu (9/3/2022).

Seperti diberitakan, Joe Biden mengundang para pemimpin ASEAN untuk hadir dalam pertemuan khusus AS-ASEAN pada 28 hingga 29 Maret 2022.

Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki pada akhir Februari mengatakan, pertemuan tingkat tinggi tersebut sekaligus memperingati 45 tahun hubungan AS dengan ASEAN.

"Adalah prioritas utama bagi pemerintahan Biden-Harris untuk melayani sebagai mitra yang kuat dan dapat diandalkan serta untuk memperkuat ASEAN dan bersatu untuk mengatasi tantangan masa kita," kata Psaki, saat itu.

Pertemuan tersebut akan membahas berbagai krisis seperti kudeta militer di Myanmar serta isu-isu lain seperti pemulihan pandemi, perubahan iklim, investasi, dan infrastruktur.

Pemerintahan Biden mendeklarasikan Indo-Pasifik serta persaingan dengan China sebagai fokus kebijakan luar negeri utamanya. Agenda ini tetap dipertahankan untuk masa depan meskipun perhatian dunia saat ini tertuju pada invasi Rusia ke Ukraina.

Topik Menarik