Oligarki Rusia Kian Compang-Camping, Sekarang Giliran Italia Mulai Beraksi

Oligarki Rusia Kian Compang-Camping, Sekarang Giliran Italia Mulai Beraksi

Global | wartaekonomi | Senin, 7 Maret 2022 - 09:10
share

Aparat kepolisian Italia telah menyita vila dan kapal pesiar senilai 143 juta euro dari lima orang Rusia terkenal yang ditempatkan dalam daftar sanksi menyusul serangan Moskow di Ukraina, kata pemerintah pada Sabtu.

Properti mewah disegel di beberapa lokasi real estat paling bergengsi di Italia --pulau Sardinia, di tepi Danau Como dan di Tuscany-- sementara dua superyacht ditambatkan di pelabuhan utara.

Operasi polisi adalah bagian dari upaya terkoordinasi oleh negara-negara Barat untuk menghukum orang kaya Rusia dan mencoba memaksa Presiden Vladimir Putin untuk menarik pasukannya dari Ukraina.

Sebuah daftar yang dikeluarkan oleh kantor Perdana Menteri Mario Draghi menunjukkan aset paling berharga sekarang di tangan polisi adalah kapal pesiar 65 meter (215 kaki), "Lady M", yang ditaksir bernilai 65 juta euro dan diduga milik orang terkaya Rusia, Alexey Mordashov.

Kapal mewah kedua, Lena, disita di pelabuhan terdekat Sanremo. Kapal itu bernilai sekitar 50 juta euro dan dimiliki oleh Gennady Timchenko, salah seorang rekan terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin.

PengusahaAlisher Usmanov memiliki vila senilai 17 juta euro yang disita di pulau Mediterania Sardinia. Sedangkan Oleg Savchenko, seorang anggota parlemen Rusia, memiliki rumah abad ke-17 di dekat kota Lucca, Tuscan, senilai sekitar 3 juta euro, diambil dari dia.

Sejumlah properti yang dirahasiakan senilai 8 juta euro di Como disita dari pembawa acara TV pemerintah Vladimir Soloviev, yang dilaporkan mengeluh di televisi Rusia ketika dia mengetahui bulan lalu bahwa dia berisiko kehilangan vila-vila Italia-nya.

Oligarki Rusia telah membeli banyak vila di lokasi-lokasi favorit Italia selama 20 tahun terakhir dan sumber mengatakan lebih banyak aset diperkirakan akan disita dalam beberapa hari mendatang.

Konglomerat logam dan telekomunikasi kelahiran Uzbekistan Usmanov terkenal di Italia karena memiliki banyak properti di Sardinia, sementara media Italia mengatakan Mordashov memiliki sebuah vila senilai sekitar 66 juta euro pulau yang sama.

Dengan mempertimbangkan aset seluruh keluarganya, majalah Forbes memperkirakan bahwa Mordashov memiliki kekayaan bersih sekitar $29,1 miliar sebelum sanksi dijatuhkan.

Mirko Idili, koordinator serikat CISL di Sardinia, telah memperingatkan bahwa sanksi dan pengurangan kehadiran orang kaya Rusia musim panas ini dapat berdampak negatif terhadap ekonomi pulau itu dan membahayakan lebih dari 1.000 pekerjaan.

Bank-bank Italia diinstruksikan oleh divisi intelijen keuangan Bank of Italy pada hari Jumat untuk segera memberi tahu semua tindakan yang diambil untuk membekukan aset orang dan entitas yang ditempatkan dalam daftar UE.

Topik Menarik