Donald Trump Sebut Pemimpin AS Bodoh, Puji Putin Pintar

Donald Trump Sebut Pemimpin AS Bodoh, Puji Putin Pintar

Global | sindonews | Minggu, 27 Februari 2022 - 11:42
share

WASHINGTON - Donald Trump mengulangi pujiannya terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin dengan menyebutnya pintar. Sebaliknya, ia menyebut para pemimpin Amerika Serikat (AS) bodoh ketika Rusia melanjutkan invasi skala luas ke Ukraina dan menghadapi perlawanan sengit.

Ketika para pemimpin dunia bersatu untuk mengutuk presiden Rusia dan menjatuhkan sanksi besar-besaran kepada pemerintah dan sekutu oligarkinya, Trump mengulangi komentar sebelumnya tentang Putin.

"Kemarin wartawan bertanya kepada saya apakah menurut saya Presiden Putin cerdas. Saya katakan tentu saja dia pintar," katanya kepada orang banyak di Konferensi Aksi Politik Konservatif tahunan di Orlando, Florida.

"Masalahnya bukan Putin itu pintar yang tentu saja dia pintar itu karena para pemimpin kita bodoh," katanya, seraya menambahkan bahwa negara-negara NATO tidak begitu pintar.

"Mereka tampak kebalikan dari pintar," imbuhnya seperti dikutip dari Independent , Minggu (27/2/2022).

Trump kemudian menyalahkan pemerintahan Biden atas keputusan Rusia untuk menyerang tetangganya, sebuah serangan yang dibenarkan oleh klaim Putin bahwa Ukraina dijalankan oleh para pemimpin kecanduan narkoba, neo-Nazi.

"Di bawah kepemimpinan kami, dunia adalah tempat yang damai karena Amerika kuat dan persepsi negara kami tidak seperti sebelumnya: kuat, licik, dan cerdas. Sekarang kita adalah negara bodoh," kata Trump.

"Ketika Anda memiliki presiden yang lemah yang tidak dihormati oleh negara lain, Anda memiliki dunia yang sangat kacau. Dunia tidak semrawut ini sejak Perang Dunia Kedua," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa Putin memainkan Biden seperti drum dan itu bukan hal yang bagus untuk ditonton. Dia berspekulasi bahwa presiden Rusia membuat keputusannya untuk menyerang Ukraina hanya setelah menyaksikan penarikan pasukan AS yang menyedihkan dari Afghanistan.

Meski memuji Putin, Trump menyebut invasi Rusia ke Ukraina sebagai kekejaman, dalam pidatonya yang menyentuk krisis di Eropa yang sedang berlangsung.

"Serangan Rusia ke Ukraina mengerikan, sebuah kemarahan dan kekejaman yang seharusnya tidak pernah dibiarkan terjadi. Kami berdoa untuk orang-orang Ukraina yang membanggakan, Tuhan memberkati mereka semua," ujarnya.

Komentar Trump mengikuti perubahan dari Partai Republik sehubungan dengan aksi militer Putin yang belum pernah terjadi sebelumnya yang membawa perang ke Eropa.

Lebih dari 150.000 orang Ukraina telah melarikan diri ke Polandia, Moldova dan negara-negara tetangga lainnya sejak invasi dimulai dan jumlah itu bisa mencapai 4 juta jika pertempuran meningkat lebih lanjut, menurut PBB.

Pemerintahan Presiden Joe Biden pada hari Sabtu menjanjikan bantuan militer tambahan senilai USD350 juta ke Ukraina ketika negara-negara Eropa mengumumkan rencana untuk mengirim lebih banyak senjata.

Ibu kota Ukraina, Kiev, menyaksikan pertempuran sporadis dan serangan rudal ketika pasukan Rusia menyerang kota itu pada Jumat malam. Dalam sebuah pesan video, presiden Volodymyr Zelensky bersumpah untuk melawan serangan Rusia dan menolak tawaran Amerika Serikat (AS) untuk meninggalkan negara itu.

"Kami akan berjuang selama diperlukan untuk membebaskan negara kami," katanya.

Trump sendiri memuji Zelensky dalam pidatonya, menyebutnya sebagai "pria pemberani."

"Saya menyukainya karena selama masa pemakzulan yang konyol itu presiden Ukraina mengatakan dia tidak melakukan kesalahan,\'" katanya, merujuk pada pembicaraan telepon antara kedua pemimpin yang mengarah pada pemakzulan Trump.

Mantan presiden AS itu juga membuat persamaan antara invasi Rusia ke Ukraina dan para migran yang berusaha melintasi perbatasan Meksiko-AS.

"Anda tidak dapat mempertahankan peradaban Barat jika Anda tidak dapat mempertahankan peradaban Anda sendiri," katanya.

"Saya percaya orang Amerika pantas mendapatkan presiden yang akan menghentikan invasi ke negara kita juga," tukasnya.

Topik Menarik