Loading...
Loading…
Pekan Depan Malaysia Masuki Fase Pemulihan Covid-19

Pekan Depan Malaysia Masuki Fase Pemulihan Covid-19

Global | sindonews | Minggu, 07 Juni 2020 - 19:19

KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia , Muhyiddin Yassin mengatakan bahwa perintah kontrol pergerakan Malaysia (MCO) akan memasuki fase pemulihan pada pekan depan. Fase ini akan dimulai pada Rabu mendatang.

MCO, yang pertama kali diberlakukan pada 18 Maret untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 , sebelumnya diperpanjang empat kali hingga 9 Juni. Muhyiddin mengatakan, fase pemulihan adalah bagian dari strategi untuk keluar dari MCO, mengikuti tren penurunan infeksi.

"Malaysia telah berhasil menahan penyebaran pandemi dan sekarang akan memasuki tahap pemulihan. Di bawah pemulihan MCO, "hampir semua" kegiatan sosial, pendidikan, agama dan bisnis, serta sektor ekonomi akan dibuka kembali secara bertahap, dengan prosedur operasi standar yang harus dipatuhi," ucapnya.

"Perjalanan antar negara akan diizinkan, kecuali untuk daerah-daerah yang ditempatkan di bawah MCO yang ditingkatkan, sementara perbatasan negara akan tetap ditutup," sambungnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (7/6/2020).

MCO awalnya diberlakukan ketika jumlah kasus baru setiap hari mengalami lonjakan yang mengkhawatirkan. Di bawah MCO, perjalanan domestik dan internasional dilarang, dan orang-orang didorong untuk tinggal di rumah untuk memutus rantai infeksi.

Setelah enam minggu tidak aktif secara ekonomi, Malaysia mengubah statusnya menjadi "MCO bersyarat" mulai 4 Mei, yang memungkinkan hampir semua sektor ekonomi dibuka kembali.

Selanjutnya, kontrol terus dilonggarkan dari waktu ke waktu. Pusat penitipan anak, salon rambut, salon kecantikan, pasar terbuka dan pasar malam telah diberi lampu hijau untuk dibuka kembali.

Mulai 10 Juni, orang Malaysia yang pulang di luar negeri akan diizinkan pulang ke rumah untuk menjalani karantina selama 14 hari, alih-alih dikirim ke pusat karantina, jika hasil tesnya negatif untuk Covid-19.

Original Source

Topik Menarik