Loading...
Loading…
Batalkan Jumpa, Menlu AS Blinken Surati Menlu Rusia

Batalkan Jumpa, Menlu AS Blinken Surati Menlu Rusia

Global | rm.id | Rabu, 23 Februari 2022 - 22:49

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken membatalkan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Jenewa,Kamis (24/2). Gara-gara Moskow mengakui atas dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina.

Blinken sudah mengirim surat kepada Lavrov untuk memberi tahu tentang pembatalan itu. Seharusnya, Blinken dan Lavrov dijadwalkan bertemu asalkan Rusia tidak menginvasi Ukraina.

Namun Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (21/2) mengakui wilayah Donetsk dan Luhansk di timur Ukraina yang memisahkan diri dari Ukraina.

Sekarang kita melihat invasi telah dimulai dan Rusia memperjelas penolakannya terhadap diplomasi, tidak masuk akal untuk melanjutkan pertemuan untuk saat ini, kata Blinken saat konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Departemen Luar Negeri, Washington DC, Rabu (23/2)

Amerika Serikat dan saya secara pribadi tetap berkomitmen untuk diplomasi jika Rusia siap melakukan langkah-langkah nyata untuk memberikan kepercayaan komunitas internasional untuk serius mengurangi eskalasi dan menemukan solusi diplomatik.

"Kami akan melanjutkan koordinasi dengan sekutu dan mitra kami berdasarkan tindakan Rusia dan fakta di lapangan," ungkap Blinken.

Blinken menyebut pidato Putin sangat mengganggunya. Ia menekankan, pernyataan Putin hari itu menjelaskan kepada dunia cara Putin memandang Ukraina, bukan sebagai negara berdaulat.

Kuleba mendesak internasional agar menjatuhkan sanksi kepada Rusia. Demi mencegah invasi lebih lanjut.

Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba di Washington DC. (Foto AP/Carolyn Caster/Pool)

"Dunia harus menanggapi dengan segala kekuatan ekonominya untuk menghukum Rusia atas kejahatan yang telah dilakukannya dan sebelum kejahatan yang direncanakannya. Pukul ekonomi Rusia sekarang, dan pukul dengan keras," tandas Kuleba.[ MEL ]

Original Source

Topik Menarik