6 Penemuan Harta Karun Paling Fenomenal, Ada yang Ditemukan di Halaman Belakang Rumah

6 Penemuan Harta Karun Paling Fenomenal, Ada yang Ditemukan di Halaman Belakang Rumah

Global | inewsid | Rabu, 16 Februari 2022 - 20:40
share

JAKARTA, iNews.id - Penemuan harta karun paling fenomenal terjadi di berbagai belahan dunia hingga saat ini. Penemuan semacam ini selalu menarik perhatian masyarakat.

Harta karun merupakan istilah yang disematkan pada benda berharga yang terkubur dalam tanah. Istilah ini berasal dari sebuah kisah yang dialami oleh paman Nabi Musa Alaihissalam bernama Qarun.

Diceritakan pada zaman dahulu, Qarun merupakan seorang yang miskin namun rajin beribadah. Dalam ibadahnya, dia memohon untuk diberi rezeki yang berlimpah oleh Tuhan.

Permintaan itu pun dikabulkan dan Qarun berubah menjadi seorang yang kaya raya. Sayang dia melupakan ibadah serta tidak bersedekah. Tuhan pun murka dan menenggelamkan harta beserta dirinya.

Sejak itu, bila ada penemuan barang berharga dari dalam tanah, maka akan disebut harta karun. Merujuk pada harta milik Qarun yang tertimbun atas murka Tuhan.

Berikut penemuan harta karun paling fenomenal:

1. Harta Karun sebelum Viking

Harta karun ini ditemukan di Vindelev, Denmark, September tahun lalu. Penemunya bernama Ole Ginnerup Schytz.

Schytz berhasil menemukan koin emas bergambar kaisar Romawi bernama Konstantinus 1. Koin itu lebih mirip medali besar yang memiliki ukuran hampir sama dengan piring yaitu bracteatus dengan berat 1 kg.

Dia menemukannya di depan rumah teman dengan menggunakan alat pendeteksi logam. Harta karun tersebut diprediksi sudah ada sejak zaman sebelum Viking dan terkubur selama 1.500 tahun yang lalu.

Penemuan tersebut dianggap sebuah penemuan terbesar dan kini tengah disimpan di Museum Vejle. Para ahli arkeologi menyatakan jika benda tersebut dikubur pada tahun 536 masehi dan memang sengaja disimpan oleh orang kaya di Vindelev setelah meletusnya gunung berapi di Eropa.

2. Harta Karun San Jose

Harta ini ditemukan dalam kapal San Jose pada 2015 di dalam perairan Karibia. Kapal yang berlayar dari Panama ke Kolombia itu diduga tenggelam pada 1708 akibat bertempur dengan kapal Inggris.

Penemuan ini diberitahukan oleh Juan Manuel Santos yang merupakan Presiden Kolombia. Setelah tiga tahun berselang, baru dipublikasikan daftar harta karun itu yakni berupa emas.

3. Ribuan koin emas di California

Harta karun ini ditemukan secara tidak sengaja oleh sepasang suami istri di belakang rumah yang terletak di California, Amerika Serikat pada 2013. Saat itu, mereka sedang bermain bersama anjing kesayangan.

Pasangan ini awalnya menemukan 1 kotak berisi koin emas. Kemudian mereka mencoba memeriksa dengan alat serta mengeruknya.

Hasilnya, mereka kembali menemukan tujuh kotak dengan isi mencapai 1.427 koin. Diperkirakan harga koin emas tersebut bernilai hingga 10 juta dolar Amerika Serikat.

4. Harta karun di laut Cirebon

Pada 2004 dilakukan ekspedisi harta karun di laut Cirebon yang dilakukan oleh Luc Heymans. Pencarian tersebut berhenti pada sebuah kapal yang diperkirakan tenggelam 1.000 tahun yang lalu.

Hasilnya, tim menemukan harta karun seperti keramik dari kerajaan China, emas, batu permata, rubi dan benda lain dari Kerajaan Persia. Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, harta karun tersebut bila dijual mencapai Rp720 miliar.

5. Timbunan Staffordshire

Benda berharga selanjutnya ditemukan oleh seorang pemburu harta karun amatir, Terry Herbert dari Inggris di kawasan Staffordshire pada 2009. Harta karun itu ditemukan dalam tanah pertanian milik Fred Johnson.

Penemuan harta karun paling fenomenal salah satunya Timbunan Staffordshire. (Foto: Reuters)
Penemuan harta karun paling fenomenal salah satunya Timbunan Staffordshire. (Foto: Reuters)

Pemburu itu meminta izin kepada pemilik lahan dan mulai menggunakan alat pendeteksi logam serta melakukan penggalian selama lima hari. Hasilnya, dia menjumpai 3.500 benda berupa batu delima atau garnet, emas dengan bobot 5,1 kg, perunggu dan perak mencapai 1,4 kg.

6. Harta karun emas terbesar di Denmark

Alat pendeteksi logam menemukan emas yang ditimbun di wilayah Jutlandia, Denmark. Lingkungan ini berada di daratan yang memisahkan Laut Utara dan Baltik berbatasan dengan Jerman di bagian Selatan.

Temuan berupa emas seberat 1 kg yang belum ditemukan sejarahnya. Menurut peneliti dari Museum Vejle Mads Ravn, penemuan ini merupakan yang terbesar ke 5 sepanjang masa.

Sementara para Arkeolog museum berpendapat bahwa harta tersebut dikubur oleh seorang laki - laki kaya dalam rumah panjang pada masa besi, 1.500 tahun yang lalu.

Demikian penemuan harta karun paling fenomenal. Ternyata harta karun masih ada hingga saat ini.

Topik Menarik