Loading...
Loading…
Benarkah Kehancuran Ukraina Dimulai Rabu Besok? Ini Faktanya

Benarkah Kehancuran Ukraina Dimulai Rabu Besok? Ini Faktanya

Global | genpi.co | Selasa, 15 Februari 2022 - 08:25

GenPI.co - Penasihat Presiden Volodymyr Zelenskiy pada Senin (14/2) menarik kembali pernyataan presidenbahwa kehancuran Ukraina dimulai Rabu (16/2) besok.

Dikutip dari CNN, penasihat presiden Mykhailo Podoliak mengatakan bahwa Zelenskiy tidak secara harfiah mengatakan bahwa serangan itu akan terjadi pada hari Rabu.

Sementara itu menurut juru bicara Zelenskiy, Sergii Nykyforov, pernyataan serangan hari Rabuoleh Rusiaitu mengacu pada tanggal yang sudah dilaporkan oleh pers di tempat lain.

"Presiden merujuk pada tanggal yang disebarluaskan oleh media," kata Nykyforov kepada NBC News.

Zelensky, yang berkarier sebagai komedian sebelum menjadi presiden, menulis bahwa pemerintah Ukraina "diberitahu" bahwa Rabu akan menjadi hari penyerangan.

Informasi itu muncul saat dia mengumumkan dekrit baru untuk menetapkan hari persatuan nasional, meningkatkan pendanaan dinas militer rakyat, mempercepat pengembangan pertahanan dan membuat sistem informasi untuk memberi tahu warga tentang situasi keamanan.

Dekrit tersebut akan berfungsi untuk memperkuat konsolidasi masyarakat Ukraina, memperkuat ketahanannya dalam menghadapi ancaman hibrida yang berkembang, informasi dan propaganda, tekanan moral dan psikologis pada kesadaran publik.

Beberapa organisasi berita Barat melaporkan pekan lalu bahwa Washington percaya bahwa 16 Februari adalah tanggal ketika pasukan Rusia akan siap jika Putin memberikan perintah untuk menyerang.

Menurut RBC Ukraina, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov telah menyatakan bahwa Kiev tidak melihat risiko invasi Rusia skala penuh dalam beberapa hari mendatang.

Dia lebih lanjut memperingatkan, penggelembungan laporan tentang invasi yang akan segera terjadi dapat menyebabkan ketidakstabilan di dalam negeri.

Presiden Zelenskiy sebelumnya telah mengomentari laporan invasi 16 Februari. Pada hari Sabtu, (12/6), dia mengatakan bahwa serangan Itu bisa terjadi kapan saja.

Namunmeskipun ada informasi tentang invasi Rusia yang akan datang pada tanggal 16, "kami memiliki informasi yang berbeda, dan sekarang, yang terbaik teman bagi musuh kita adalah kepanikan di negara kita. Dan semua ini hanya memancing kepanikan dan tidak membantu kita."

Di akun Facebook-nya, Zelenskiy menulis bahwa Ukraina saat ini memiliki pasukan yang luar biasa.

"Orang-orang kami memiliki pengalaman tempur yang unik dan senjata modern. Itu sudah berkali-kali lipat lebih kuat dari tentara delapan tahun lalu, katanya.(*)

Video heboh hari ini:

Original Source

Topik Menarik