Loading...
Loading…
Frank-Walter Steinmeier Terpilih Lagi Jadi Presiden Jerman

Frank-Walter Steinmeier Terpilih Lagi Jadi Presiden Jerman

Global | koran-jakarta.com | Selasa, 15 Februari 2022 - 05:53

BERLIN - Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier, terpilih untuk masa jabatan kedua oleh majelis parlemen pada Minggu (13/2). Politisi berusia 66 tahun itu berhasil mengumpulkan dukungan dari seluruh spektrum politik demokratis, termasuk pemerintah koalisi kiri-liberal dan partai-partai oposisi konservatif.

"Dalam pemungutan suara putaran pertama, Steinmeier mendapat 1.045 dari 1.425 suara sah oleh anggota Majelis Federal, yang terdiri dari 736 anggota parlemen dan jumlah delegasi yang sama dari negara bagian federal Jerman," tulis kantor berita Anadolu , Senin (14/2).

Steinmeier secara luas dilihat sebagai salah satu politisi paling berpengalaman di Jerman. Politisi Sosial Demokrat terkemuka itu menjabat dua kali sebagai menteri luar negeri, pada 2005-2009 dan pada 2013-2016, dalam kolaborasi yang dipimpin oleh Kanselir Angela Merkel saat itu.

Posisi presiden sebagian besar sebagai peran seremonial yang hanya memiliki sedikit kekuasaan. Hal ini sering dipegang oleh politisi senior yang dipandang sebagai sosok pemersatu dan kompas moral yang penting bagi Jerman di saat ketidakpastian politik dan ekonomi. SB/Anadolu/N-3

Original Source

Topik Menarik