4 Negara Penghasil Limbah Plastik Terbesar, Nomor 1 Tak Disangka-sangka

4 Negara Penghasil Limbah Plastik Terbesar, Nomor 1 Tak Disangka-sangka

Global | okezone | Senin, 7 Februari 2022 - 07:01
share

JAKARTA - Dunia saat ini menghadapi persoalan serius terkait limbah plastik, yang tak hanya di tempat pembuangan sampah, tetapi juga telah mencemari laut. Telah banyak laporan limbah produk plastik seperti kemasan makanan, botol minuman, kantong plastik di laut menyebabkan hewan-hewan di laut tersangkut atau bahkan memakannya, membuat mereka mati.

Limbah plastik, mengutip National Geographic , diperkirakan akan meningkat hingga 53-90 juta ton pada 2030. Angka ini disumbang oleh negara-negara kaya yang merupakan penghasil limbah plastik terbesar.

Berikut sederet negara yang menghasilkan limbah plastik terbesar di dunia.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan penghasil sekaligus penyumbang utama plastik sekali pakai di dunia. Diketahui, jumlah limbah plastik di negara adidaya ini kian tajam melonjak. Melansir AFP, rata-rata setiap orang di Amerika menghasilkan sekira 130 kilogram sampah plastik tiap tahunnya. Angka itu bahkan lebih besar dua kali lipat dari limbah plastik China dan gabungan negara anggota Uni Eropa.

2. Inggris

Posisi kedua diduduki Inggris. Warga Inggris, melansir Forbes, menghasilkan sampah plastik rata-rata 99 kg per tahun. Salah satu penyebab adalah masih bergantungnya sebagian besar swalayan dengan kantong plastik. Tak hanya itu, per satu individu di Inggris bisa membuang kurang lebih 18 piring plastik dan 37 pisau dan garpu sekali pakai setiap tahunnya.

Topik Menarik