Rusia Dapat Menginvasi Ukraina dalam Beberapa Hari atau Pekan ke Depan

Rusia Dapat Menginvasi Ukraina dalam Beberapa Hari atau Pekan ke Depan

Global | inewsid | Minggu, 6 Februari 2022 - 22:45
share

WASHINGTON, iNews.id - Rusia dapat menginvasi Ukraina dalam beberapa hari atau minggu. Namun mereka masih dapat memilih jalur diplomatik ke depan.

Hal ini disampaikan penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, Minggu (6/2/2022).

"Setiap hari, Rusia dapat mengambil tindakan militer terhadap Ukraina, atau mungkin beberapa minggu dari sekarang atau Rusia dapat memilih untuk mengambil jalur diplomatik sebagai gantinya," kata Sullivan, saat wawancara televisi dalam program \'Fox News Sunday\'.

Setiap tindakan Rusia yang mungkin dapat mencakup pencaplokan wilayah Donbass Ukraina, serangan siber atau invasi skala penuh ke Ukraina dapat dilakukan pada Senin esok meskipun bisa juga beberapa minggu.

Kekuatan tempur Rusia yang diperlukan untuk menginvasi Ukraina sudah mencapai 70 persen. Rusia masih terus mengirim kelompok taktis batalyon ke perbatasan.

Hal ini disampaikan dua pejabat Amerika Serikat (AS) yang tak disebutkan namanya kepada Reuters pada Sabtu (5/2/2022). Dalam dua minggu terakhir, jumlah kelompok taktis batalyon di wilayah perbatasan telah meningkat dari 60 menjadi 83 pada Jumat (4/2/2022) dan 14 lainnya sedang transit.

Rusia telah membantah rencana untuk menyerang Ukraina. Namun Rusia mendesak AS dan sekutunya untuk berjanji tidak akan menerima Ukraina ke dalam NATO, tidak akan mengerahkan senjata ofensif, dan akan membatalkan pengerahan NATO ke Eropa Timur. Namun, permintaan itu telah ditolak oleh Washington dan NATO.

Barat telah meminta Rusia untuk menarik kembali sekitar 100.000 tentara dari daerah dekat perbatasan Ukraina. Sebaliknya, Kremlin mengatakan bebas menempatkan pasukan di mana pun yang diperlukan di wilayah Rusia.

Topik Menarik