Loading...
Loading…
Erdogan Sebut AS dan Barat Tak Bantu Selesaikan Konflik Rusia-Ukraina, Malah Jadi Penghalang

Erdogan Sebut AS dan Barat Tak Bantu Selesaikan Konflik Rusia-Ukraina, Malah Jadi Penghalang

Global | okezone | Sabtu, 05 Februari 2022 - 10:58

ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat tidak melakukan apa pun untuk membantu menyelesaikan krisis antara Rusia dan Ukraina , tetapi malah menjadi penghalang.

"Saya harus mengatakan ini dengan sangat jelas: kalau Anda perhatikan, Barat sayangnya tidak berkontribusi apa pun untuk menyelesaikan masalah ini. Saya bisa katakan mereka benar-benar hanya menjadi penghalang," ujar Erdogan kepada NTV dan media Turki pada Jumat (4/2).

Lebih lanjut, Erdogan mengatakan tidak ada pemimpin Eropa yang mampu menyelesaikan kebuntuan antara Rusia dan Ukraina. Sedangkan Pesiden AS Joe Biden juga belum memberikan kontribusi positif.

"Ada masalah serius di Eropa sekarang tentang para pemimpin yang dapat memecahkan masalah ini," lanjutnya. Ia merujuk pada pengunduran diri mantan kanselir Jerman Angela Merkel.

"Ketika kita melihat Amerika Serikat, Biden belum menunjukkan pendekatan positif terhadap masalah ini," ujarnya.

Presiden Erdogan, yang memiliki hubungan dekat dengan Kiev dan Moskow, mengatakan dia "sangat menghargai" rencana kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Turki.

Original Source

Topik Menarik