Erdogan: Presiden Israel akan Kunjungi Turki pada Maret

Erdogan: Presiden Israel akan Kunjungi Turki pada Maret

Global | republika | Kamis, 3 Februari 2022 - 20:01
share

ANKARA -- Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Presiden Israel Isaac Herzog akan melakukan kunjungan resmi ke Turki pada Maret. Hal tersebut diungkap Erdogan pada Kamis (3/2/2022) saat berbicara kepada wartawan menjelang perjalanan ke Ukraina. Ia mengatakan kunjungan Herzog ke Turki berlangsung "pada pertengahan Maret".

Presiden Rusia Vladimir Putin juga akan datang ke Turki untuk kunjungan resmi setelah mengunjungi China, tambah Erdogan. Kunjungan Putin ke China dijadwalkan pada Jumat (4/2/2022).

Mengomentari peningkatan ketegangan baru-baru ini antara Moskow dan Kyiv, Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki "mengikuti dengan cermat" perkembangan antara kedua negara.

Di setiap kesempatan, kami menyuarakan dukungan Turki untuk integritas dan kedaulatan wilayah Ukraina, tambah pemimpin Turki itu.

Erdogan mendesak semua pihak untuk menahan diri dan terlibat dalam dialog untuk memastikan perdamaian di kawasan itu.

Mengomentari 12 migran gelap yang ditemukan tewas membeku pada hari Rabu setelah didorong kembali oleh pasukan Yunani ke Turki, Erdogan mengatakan tidak bisa membiakan terhadap insiden semacam itu terjadi.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu para migran tewas setelah "didorong mundur" oleh pasukan perbatasan Yunani dan pakaian serta sepatu mereka dilucuti.

Erdogan diperkirakan akan menghadiri pertemuan ke-10 Dewan Strategis Tingkat Tinggi bilateral kedua negara sebagai bagian dari kunjungan resminya ke Ukraina.

Erdogan dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky diharapkan untuk menandatangani berbagai perjanjian dan menggelar konferensi pers bersama di ibukota Kyiv.

Topik Menarik