Militer Inggris Peringatkan Serangan Nuklir dari Luar Angkasa

Militer Inggris Peringatkan Serangan Nuklir dari Luar Angkasa

Global | sindonews | Kamis, 3 Februari 2022 - 18:59
share

LONDON - Kementerian Pertahanan Inggris telah merilis strategi pertahanan luar angkasanya, yang meningkatkan momok yang mengkhawatirkan "serangan nuklir exo-atmospheric." Namun, dokumen tersebut menawarkan beberapa proposal konkret untuk melawan ancaman semacam itu.

Dirilis pada hari Selasa, dokumen Strategi Luar Angkasa Pertahanan Inggris menggambarkan ruang angkasa sebagai medan perang potensial di masa depan, penuh dengan ancaman mulai dari serangan dunia maya dan laser anti-satelit, hingga Serangan Nuklir Exo-atmospheric.

"Serangan semacam itu, yang mungkin diluncurkan dari satelit di orbit, akan menjadi peristiwa pembunuhan permanen," kata laporan itu seperti dilansir dari Russia Today , Kamis (3/2/2022).

Namun, laporan itu tidak merinci kemungkinan serangan semacam ini, apakah musuh Inggris hampir memiliki kemampuan seperti itu, atau apa arti istilah "peristiwa pembunuhan permanen".

Demikian juga, laporan tersebut tidak menjelaskan cara apa pun untuk melawan peristiwa semacam itu, selain menawarkan komitmen untuk memahami, merancang, dan teknologi lapangan untuk melindungi dan membela kepentingan Inggris jika terjadi perang berbasis ruang angkasa.

Sebaliknya itu menggambarkan bagaimana Inggris berencana untuk berinvestasi dalam pengintaian berbasis ruang angkasa, dari menginvestasikan lebih dari USD6,8 miliar di satelit pengawasan Skynet hingga memperdalam keterlibatan Inggris dalam program pertahanan ruang angkasa Olympic Defender yang dipimpin Amerika Serikat (AS).

Laporan itu muncul empat bulan setelah Perdana Menteri Boris Johnson meluncurkan Strategi Luar Angkasa Nasional Inggris, yang menurut pemerintah memperkuat ambisi Inggris untuk menjadi penyedia terkemuka peluncuran satelit kecil komersial di Eropa pada tahun 2030.

Johnson memuji peluncuran strategi itu sebagai langkah menuju "Inggris galaksi," namun lawan-lawannya menuduhnya gertakan klasik untuk mengalihkan perhatian dari masalah domestik.

Laporan terbaru menggambarkan Rusia dan China sebagai ancaman internasional, mengutip pengujian rudal anti-satelit kedua negara dalam beberapa tahun terakhir. Secara khusus, laporan tersebut menyebut Rusia meninggalkan jejak puing-puing luar angkasa setelah tes tahun lalu.

Namun, tes serupa telah dilakukan oleh AS sejauh tahun 1980-an dan oleh India pada tahun 2019, dengan tidak disebutkan dalam laporan Kementerian Pertahanan Inggris.

Topik Menarik