Ratu Elizabeth II akan Rayakan 70 Tahun Bertakhta

Ratu Elizabeth II akan Rayakan 70 Tahun Bertakhta

Global | okezone | Senin, 31 Januari 2022 - 07:59
share

LONDON - Ratu Elizabeth II akan menjadi penguasa Kerajaan Inggris pertama yang menandai 70 tahun takhta pada 6 Februari mendatang. Namun hari itu sekaligus diwarnai kesedihan karena ia naik takhta setelah kematian ayah tercintanya, Raja George VI. Elizabeth dimahkotai setahun kemudian, tepatnya pada 2 Juni 1953.

Selama lebih dari 60 tahun Ratu Elizabeth II telah menerima bunga dari para simpatisan, berjabat tangan dengan para pejabat, membuka plakat, bertemu pemimpin-pemimpin negara dan menjadi simbol bangsa Inggris.

Ratu Elizabeth II adalah Kepala Negara Inggris dan 15 negara Persemakmuran lainnya.

Ia menjadi pewaris takhta ketika pamannya, Edward VIII, turun takhta untuk menikahi janda cerai dari Amerika, Wallace Simpson, menjadikan ayah Elizabeth sebagai raja.

Pada 1947, Elizabeth menikah dengan Phillip Mountbatten dan kemudian memiliki empat anak, yaitu Yang Mulia Pangeran Wales Pangeran Charles, Yang Mulia Putri Kerajaan Putri Anne, HRH Duke of York Pangeran Andrew, dan HRH Earl of Wessex Pangeran Edward. Ia memiliki delapan cucu dan lima cicit.

Jubilee Perak Tahun 1977 Dipadati Ribuan Warga

Publik Inggris merayakan Jubilee Perak Ratu pada 1977, yang ditandai sebagai hari libur nasional. Dalam resesi yang sedang melanda pada tahun 1970an itu, tingginya angka pengangguran dan antrean panjang untuk mendapatkan tunjangan pengangguran seakan menjadi alasan untuk turun ke jalan-jalan dan berpesta.

Ketika Ratu Elizabeth II naik takhta, teh masih dijatah di Inggris setelah Perang Dunia II, Winston Churchill mengumumkan Inggris memiliki bom atom dan pentas drama terkenal The Mousetrap karya Agatha Christie dibuka di London.

Topik Menarik