Loading...
Loading…
Jadi Rebutan, AS Cari Jet Tempur F-35 yang Jatuh di Laut China Selatan Sebelum Ditemukan Beijing

Jadi Rebutan, AS Cari Jet Tempur F-35 yang Jatuh di Laut China Selatan Sebelum Ditemukan Beijing

Global | okezone | Jumat, 28 Januari 2022 - 13:19

CHINA - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berpacu dengan waktu untuk mencapai lokasi pesawat jet tempurnya yang jatuh, sebelum China sampai di sana terlebih dahulu.

Diketahui, pesawat F35-C senilai USD100 juta (Rp1,4 triliun) jatuh di Laut China Selatan pada Senin (24/1) setelah Angkatan Laut AS menyebutnya sebagai "kecelakaan" ketika lepas landas dari kapal induk USS Carl Vinson. Tujuh pelaut AS luka-luka ketika jet itu jatuh setelah menabrak bagian dek kapal induk Vinson selama latihan militer.

Angkatan Laut AS mengakui dalam sebuah pernyataan bahwa operasi pengambilan pesawat sedang berlangsung setelah "kecelakaan" di atas kapal USS Carl Vinson.

Sebuah tim pencari dan pengambilan pesawat dari Angkatan Laut AS akan menempelkan beberapa perangkat ke badan pesawat jet yang kemudian akan dipompa perlahan untuk mengangkat puing-puing itu.

Operasi ini akan lebih sulit jika badan pesawat sebagian besar sudah tidak utuh.

Pesawat itu kemungkinan telah dipersenjatai dengan setidaknya beberapa rudal, baik yang ditempatkan di sayapnya atau di ruang senjata internal yang juga dapat mempersulit operasi pemulihan.

Salah satu opsi lain bagi AS, tentu saja, adalah menghancurkan jet F-35 itu agar tidak sampai jatuh ke tangan Beijing.

Original Source