Apa Itu Imlek?

Apa Itu Imlek?

Global | inewsid | Kamis, 27 Januari 2022 - 22:18
share

JAKARTA, iNews.id - Perayaan Imlek 2022 sudah dekat, tapi apakah Anda tahu apa itu Imlek? Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat di Asia Timur.

Hari besar ini biasa disebut Tahun Baru Imlek. Tahun ini, Tahun Baru Imlek jatuh pada 1 Februari 2022.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Imlek merupakan penanggalan China berdasarkan peredaran bulan. Tahun baru Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama saat pergantian tahun.

Di Indonesia, kelompok mayoritas Tionghoa merupakan Hokkien. Maka perayaan dari kelompok inilah yang paling memiliki ciri khas dan bisa kita jumpai di hampir penjuru negeri.

Salah satu tradisi yang melekat pada perayaan Imlek di Indonesia adalah tempat perayaannya. Mereka memiliki budaya Tionghoa di mana yang lebih muda mendatangi orang lebih tua. Perayaan akan dilaksanakan di rumah anggota keluarga paling atau lebih tua.

Perayaan hari besar Tionghoa ini biasanya berlangsung sampai 15 hari dengan 1 hari sebelum atau pada saat Imlek diisi dengan pemujaan kepada leluhur. Setelah itu mereka akan merayakan Imlek dengan kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga besar atau melaksanakan jamuan makan.

Perayaan Imlek di Indonesia bukan hanya dilakukan orang Tionghoa, masyarakat umum Indonesia juga kerap kali ikut merayakannya. Banyak kegiatan biasa dilakukan dalam memeriahkan Imlek, seperti pertunjukan Barongsai serta hiasan-hiasan berciri khas warna merah yang menghiasi kawasan pecinan, pusat perbelanjaan, toko, atau restoran.

imlek
Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat di Asia Timur dan disebut Tahun Baru China. (Foto: Reuters)

Selain memiliki ciri khas dari sisi perayaan, Imlek juga memiliki ucapan khas yang bisa didengar di masa saja, bukan hanya di Indonesia.

Gong Xi Fa Cai merupakan ucapan khas yang disampaikan banyak orang guna memberi selamat kepada mereka yang merayakan Imlek. Kalimat tersebut memiliki arti harapkan akan tahun baru yang akan membawa kemakmuran.

Fa Cai yang berarti kemakmuran atau menghasilkan uang juga menjadi salah satu latar belakang tradisi memberikan angpao berisi uang kepada sesama anggota keluarga. Hal ini juga salah satu tradisi yang ditunggu-tunggu mereka yang merayakan Imlek setiap tahunnya.

Topik Menarik