Loading...
Loading…
Kehancuran di Depan Mata, Rusia Menyerang Ukraina pada Februari

Kehancuran di Depan Mata, Rusia Menyerang Ukraina pada Februari

Global | genpi.co | Kamis, 27 Januari 2022 - 09:25

GenPI.co - Amerika Serikat percaya bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin siap untuk menggunakan kekuatanmenyerang Ukraina pada pertengahan Februari mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Menteri Luar Negeri Wendy Sherman dalam forum Strategi Eropa Yalta, dikutip dari AFP, Kamis (27/1).

Langkah Rusia itudiperkirakan akan dilakukanmeski sudah ada kampanye dari pihak internasional untuk menghentikannya.

"Saya tidak tahu apakah dia telah membuat keputusan akhir, tetapi kami tentu melihat setiap indikasi bahwa dia akan menggunakan kekuatan militer suatu saat mungkin (antara) sekarang dan pertengahan Februari," kata Sherman, Rabu (26/1).

Sherman, yang bertemu dengan mitranya dari Rusia awal bulan ini di Wina dalam upaya untuk memperingatkan Moskow agar tidak menyerang tetangganya.

Dia mengatakan bahwa rencana Putin mungkin terpengaruh oleh Olimpiade Musim Dingin di Beijing, yang diboikot oleh Amerika Serikat dan beberapa sekutunya karenaalasan HAM.

"Kita semua sadar bahwa Olimpiade Beijing dimulai pada 4 Februari, upacara pembukaan, dan Presiden Putin berharap untuk berada di sana," kata Sherman

Dia menduga Presiden Xi Jinping tidak akan senang jika Putin memilih saat itu untuk menyerang Ukraina, sehingga dapat mempengaruhi waktu dan pemikirannya.

Sementara itu, menurut kantor berita Interfax, Rusia mengerahkan lebih banyak pasukan penerjun payung dan jet tempur ke Belarus.

Langkah itu dilakukan sehari setelah mengerahkan pasukan artileri dan marinir menjelang latihan bersama bulan depan.

Dikatakan, Rusia juga memindahkan jet tempur Su-35 ke Belarus untuk latihan "Allied Resolve".

Penumpukan pasukan Rusia di Belarus, utara Ukraina, menciptakan front baru untuk kemungkinan serangan.(*)

Video heboh hari ini:

Original Source

Topik Menarik