China Lockdown Ketat, AS Pertimbangkan Tarik Diplomat dan Keluarganya

China Lockdown Ketat, AS Pertimbangkan Tarik Diplomat dan Keluarganya

Global | okezone | Rabu, 26 Januari 2022 - 17:26
share

WASHINGTON - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (Deplu AS) sedang mempertimbangkan apakah akan mengizinkan keberangkatan diplomat AS dan keluarga mereka keluar dari China karena ketidakmampuan pemerintah AS untuk mencegah otoritas China memberlakukan tindakan pengendalian pandemi yang sangat ketat.

Menurut Reuters, dua sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan Kedutaan Besar AS pada Senin (24/1) telah mengirim permintaan ke Washington untuk penandatanganan resmi, ketika China meningkatkan protokol penahanan Covid-19 menjelang pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing dalam waktu kurang dari dua minggu.

Sumber tersebut, yang berbicara kepada Reuters dengan syarat anonim karena sensitivitas masalah ini, menambahkan bahwa beberapa staf kedutaan kesal karena pemerintah AS tidak mau atau tidak dapat membebaskan pejabat AS dari tindakan karantina yang ketat.

Aturan itu mencakup kemungkinan masuk paksa ke klinik demam Covid-19 dan pemisahan dari anak-anak.

Seorang sumber mengatakan Kedutaan Besar AS melakukan survei internal yang menunjukkan bahwa sebanyak 25 persen staf dan anggota keluarga akan memilih untuk meninggalkan China sesegera mungkin.

Topik Menarik