Putra John Lennon Lelang Barang-Barang The Beatles secara Virtual

Putra John Lennon Lelang Barang-Barang The Beatles secara Virtual

Global | inewsid | Rabu, 26 Januari 2022 - 15:00
share

LOS ANGELES, iNews.id Putra John Lennon, Julian Lennon, melelang sejumlah barang yang menjadi potongan-potongan memorabilia yang berkaitan dengan The Beatles. Benda yang bakal dia lego itu termasuk tiga gitar yang diberikan sang ayah kepadanya, serta catatan tulisan tangan tentang lagu 1968 Hey Jude.

Akan tetapi, barang-barang yang dilelang itu tidak secara fisik, melainkan dalam bentuk penjualan token non-fungible (NFT), yakni sejenis aset digital. Setiap penawar yang menang akan dapat mengklaim kepemilikan file digital yang digambarkan sebagai koleksi audio/visual di mana Julian Lennon menceritakan kenangannya sepenuh hati.

Saya merasa sangat beruntung hidup di zaman di mana inovasi memungkinkan saya untuk berbagi bagian-bagian pribadi dari sejarah keluarga Lennon, kata Julian Lennon, dikutip Reuters , Rabu (26/1/2022).

Melalui koleksi NFT ini, saya dapat memberikan akses eksklusif ke barang-barang khusus yang saya hargai dan meneruskan warisan ayah saya dengan cara baru, tutur pria yang berprofesi sebagai penyanyi, penulis lagu, penulis, dan artis itu.

NFT menggunakan blockchain untuk merekam siapa saja pemilik atas file-file digital seperti gambar, video, ataupun teks.

Meskipun NFT kadang-kadang dijual bersamaan dengan barang fisiknyasebagai semacam sertifikat keaslian digitalmemiliki NFT tak lantas membuat seseorang mendapatkan hak kepemilikan atas barang-barang fisik yang mendasarinya. NFT dapat dianggap sebagai semacam hak pamer seseorang atas suatu aset secara digital.

Kendati pembelinya tidak mendapatkan kepemilikan secara fisik, penjualan semacam itu tetap saja meledak dan populer di kalangan masyarakat melek digital. Banyak karya seni NFT yang terjual hingga jutaan dolar AS.

Dalam lelang yang dilakukan Julian Lennon kali ini, pembeli NFT The Beatles tidak akan menerima gitar ataupun selembar kertas fisik lirik lagu. Yang akan mereka dapatkan adalah unit rekaman data blockchain yang menegaskan bahwa dompet kripto mereka memiliki NFT yang terhubung ke file digital yang menunjukkan item tersebut.

Untuk catatan lirik Hey Jude, yang menunjukkan coretan dan gambar Paul McCartney, pembeli akan menerima NFT dari gambar objek yang dihidupkan dengan cara yang lebih pribadi melalui narasi audio eksklusif Julian Lennon, demikian situs web lelang mengungkapkan.

Tawaran pada NFT tersebut mencapai 50.000 dolar AS (hampir Rp718 juta) pada Selasa (25/1/2022) sore waktu Amerika.

(Benda-benda) itu benar-benar membuat saya belajar untuk mencintai ayah (John Lennon) lagi, karena saya hanya melihatnya seperti yang saya ingat saat saya masih kecil dan ketika saya bersamanya sekitar tahun-tahun itu, kata Julian dalam wawancara dengan Reuters.

Jadi dia sangat spesial bagi saya, ucapnya.

Lelang itu juga termasuk NFT gambar mantel Afghanistan yang dikenakan John Lennon di lokasi syuting film pada 1967, Magical Mystery Tour. Selain itu, ada juga NFT gambar jubah hitam yang dia kenakan di film Help! yang diproduksi pada 1965.

Melonjaknya minat masyarakat dunia pada aset kripto menyebabkan balai lelang tradisional seperti Christie\'s menjadi tempat penjualan NFT. Sementara, lelang NFT Lennon kali ini dijalankan oleh Julien\'s Auctions dan YellowHeart NFT. Lelang itu bakal ditutup pada 7 Februari.

Topik Menarik