Senjata Rusia Ini Momok bagi Situs Berharga Ukraina Bila Perang Pecah

Senjata Rusia Ini Momok bagi Situs Berharga Ukraina Bila Perang Pecah

Global | sindonews | Selasa, 25 Januari 2022 - 08:38
share

KIEV - Bila perang Rusia dengan Ukraina benar-benar pecah, maka rudal hipersonik Kinzhal Moskow akan menjadi senjata yang menakutkan bagi situs-situs berharga Kiev. Selain itu, Moskow juga kemungkinan mengandalkan ratusan rudal jelajah subsonik Kh-101.

Moskow telah berulang kali menyangkal akan menginvasi Ukraina. Namun, Amerika Serikat (AS) dan para sekutu NATO-nya menggambarkan invasi tersebut semakin mungkin terjadi.

Mengutip analisis Forbes , Selasa (25/1/2022), pesawat pengebom Angkatan Udara Moskow dapat menyerang pasukan Ukraina dengan ratusan rudal jelajahsemuanya tanpa terbang ke dekat Ukraina.

Misil hipersonik Kinzhal sekarang dapat melengkapi misil Kh-101 subsonik Moskow.

Sebagai gambaran, rudal jelajah dapat terbang rendah dan lambat, sedangkan rudal hipersonik dapat terbang tinggi dan sangat cepat.

Semakin berbeda cara Rusia membombardir Ukraina, semakin memperumit upaya pertahanan udara Kiev.

Pertahanan udara berbasis darat Kiev secara teori bisa menembak jatuh rudal jelajah. Tetapi karena kekurangan peralatan terbaru yang, katakanlah, yang dimiliki Amerika, mereka hampir tidak memiliki peluang untuk mencegat misil hipersonik Kinzhal yang sangat cepat.

Yang pertama dari misil Kinzhal sepanjang 24 kaki, seberat satu ton diuji coba pada tahun 2017. Presiden Vladimir Putin secara resmi mengungkapkan rudal itu beberapa bulan kemudian pada Maret 2018.

Angkatan udara Rusia mulai memodifikasi pesawat tempur MiG-31 setidaknya dalam beberapa bulan, yang mampu membawa rudal besar dengan hulu ledak seribu pon.

Salah satu resimen yang dilengkapi senjata semacam itu adalah Distrik Militer Selatan, yang wilayahnya meliputi Laut Hitam dan sekitar Ukraina.

Resimen lainnya berada di Distrik Militer Utara. Selama empat tahun, Angkatan Udara menguji misil Kinzhal dalam kondisi cuaca Arktik yang brutaldan memperluas jaringan lapangan udara Arktik untuk menangani MiG-31 bermesin ganda, yang membutuhkan landasan pacu hingga 4.000 kaki untuk lepas landas.

Setelah pengalihan singkat ke Suriah musim panas lalu, di mana MiG-31 mungkin telah menembakkan misil Kinzhal ke pasukan pemberontak, pengujian di Arktik berakhir bulan ini.

Apakah kekuatan itu mungkin bergabung dengan perang udara di Ukraina adalah pertanyaan terbuka. Beberapa rudal adalah pepatah dalam perang yang dapat melibatkan ratusan ribu tentara dan ribuan tank di kedua sisi.

Tetapi Kinzhal dengan profil penerbangannya yang unik dapat memberi perencana Kremlin pilihan untuk menembus target yang paling dijaga ketat seperti pos komando dan pangkalan udara Ukraina.

"Saya pikir Kinzhal mungkin fokus pada target bernilai lebih tinggi seperti komando dan kendali, pangkalan dan kapal besar yang berpotensi," kata Han Kristensen, pakar nuklir dari Federasi Ilmuwan Amerika di Washington, D.C.

Jika ada hikmahnya bagi Ukraina, resimen Kinzhal bisa kehabisan rudal pada hari pertama perang udara intensif. Itu, tentu saja, tidak berarti mengakhiri pengeboman.

Selain persediaan besar Kh-101, Kremlin dapat menggunakan beragam senjata lain untuk menyerang Ukraina dari jauh.

Tentu saja rudal jelajah Kalibr yang ditembakkan oleh kapal perang permukaan dan kapal selam. Selain itu, sekelompok rudal balistik yang diluncurkan dari darat, termasuk rudal hipersonik baru yang mungkin dikembangkan dari dari Kinzhal dan Iskander.

Topik Menarik