BMW, Audi, Hingga Tesla Tarik Ribuan Mobil Karena Komponen Rusak

BMW, Audi, Hingga Tesla Tarik Ribuan Mobil Karena Komponen Rusak

Global | katadata.co.id | Minggu, 23 Januari 2022 - 10:15
share

Produsen otomotif Audi, BMW, Tesla dan empat perusahaan lainnya di Korea Selatan secara sukarela akan menarik lebih dari 29 ribu kendaraan. Penarikan kendaraan dilakukan setelah ditemukannya komponen yang rusak.

Dilansir dari Yonhap dan Korea Herald , ketujuh perusahaan otomotif tersebut sepakat untuk melakukan perbaikan komponen.
Penarikan ini adalah kali sekian yang dilakukan perusahaan otomotif di Korea Selatan karena adanya masalah kerusakan dengan komponen kendaraan.

Tujuh perusahaan tersebut adalah Audi, BMW, Stellantis Korea, Honda Motor Co., Tesla Korea, MAN Truck & Bus Korea, dan Hyundai Motor Co.

Stellantis merupakan perusahaan patungan 50:50 yang dibentuk melalui penggabunganprodusen otomotifAmerika Serikat Fiat Chrysler Automobiles N.V. dan pembuat mobil Prancis PSA Groupe.

Dikutip dari Yonhap , Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan mengatakan ketujuh perusahaan akan menarik 29.092 unit dari 26 model yang berbeda.

Masalah yang ditemukan pada ribuan mobil tersebut di antaranya adalah perangkat lunak unit pengontrol mesin di SUV Jeep Grand Cherokee yang diimpor oleh Stellantis Korea.

Masalah lain adalah kait kap yang rusak di SUV Honda Pilot. Juga ada kerusakan padaunit kontrol gateway pusat di SUV Audi Q5 45 TFSI quattro.

Pemerintah Korea Selatan menghimbau pemilik kendaraan dapat menghubungi atau mengunjungi pusat perbaikan dan layanan yang ditunjuk untuk mengganti suku cadang. Penggantian akan dilakukan secara gratis mulai Kamis mendatang.

Pada September 2021, empat produsen otomotif juga harus menarik kembali kendaraannya yang dipasarkan di Korea Selatan karena adanya masalah yang membahayakan pengendara dan penumpang.

Empat perusahaan tersebut adalahMercedes-Benz,Daimler Trucks Korea, Daejeon Machinery dan Zyle Commercial Vehicle.

Jumlah kendaraan yang ditarik Mercedez dan harus diperbaiki kembali sekitar1.600unit.

Permasalahan yang ditemukan pada mobil Mercedez di antaranya sandaran kepala kursi belakang yang rusak di sedan Mercedes-Benz S 580 4MATIC.

Sementara ituditemukan sistem selang oli yang rusak pada roda kemudi di Daimler Truck. Sprinter 319 van.

Topik Menarik