Pimpinan Geng Kriminal Kolombia Ditangkap di Madrid, Pernah Pura-Pura Insaf

Pimpinan Geng Kriminal Kolombia Ditangkap di Madrid, Pernah Pura-Pura Insaf

Global | inewsid | Jum'at, 21 Januari 2022 - 15:10
share

MADRID, iNews.id - Seorang pimpinan geng kriminal di Kolombia ditangkap di Madrid, Spanyol. Dia terlibat banyak kasus kejahatan salah satunya pembunuhan aktivis.

Fredy Castillo atau dikenal sebagai Pinocho merupakan salah satu orang paling diburu di Kolombia. Dia terlibat kasus pembunuhan seorang aktivis lingkungan, Alyssa McMurtry.

Dalam sebuah posting Twitter, Presiden Kolombia, Ivan Duque memuji penangkapan Castillo. Menurutnya, pihak berwenang terus membuktikan tidak ada impunitas bagi penjahat.

Castillo dicari di Kolombia karena perannya dalam geng kejahatan terorganisir Los Pachenca dan pembunuhan berat.

Polisi Spanyol pada Kamis (20/1/2021) mengatakan, para pencinta lingkungan sering menjadi sasaran geng-geng Kolombia yang kejam. Salah satunya penembakan terhadap aktivis 14 tahun, Breiner David Cucuname. Dia ditembak mati pekan lalu saat berpatroli dengan kelompok pribumi yang berusaha melindungi tanah dari kelompok bersenjata.

Menurut media Kolombia, Castillo sudah menjalani hukuman lima tahun di balik jeruji besi di AS karena perdagangan narkoba. Setelah kembali ke Kolombia, Castillo memperkenalkan diri sebagai pria yang berbeda. Dia telah meninggalkan kehidupan kriminal dan berdedikasi untuk pekerjaan sosial.

Dia bahkan memenangkan gugatan pencemaran nama baik terhadap surat kabar Kolombia El Expediente tahun lalu, setelah wartawan menyebut dia sebagai anggota kunci geng Pachenca, yang beroperasi di wilayah Karibia Magdalena.

Tapi jaksa Kolombia sekarang percaya pria itu diam-diam telah memimpin geng kriminal.

Pada bulan Oktober, polisi Spanyol diberitahu tentang surat perintah internasional yang dikeluarkan oleh Kolombia. Setelah bekerja sama dengan polisi Kolombia dan Badan Penegakan Narkoba Amerika, mereka menangkapnya di ibu kota Spanyol.

Topik Menarik