Hari Ini Dalam Sejarah, Konferensi Perdamaian Dimulai di Paris Usai Perang Dunia I

Hari Ini Dalam Sejarah, Konferensi Perdamaian Dimulai di Paris Usai Perang Dunia I

Global | okezone | Selasa, 18 Januari 2022 - 15:19
share

PARIS - Pada 18 Januari 1919, di Paris, Prancis , beberapa orang paling berkuasa di dunia bertemu untuk memulai negosiasi panjang dan rumit. Pertemuan ini secara resmi menandai berakhirnya Perang Dunia Pertama.

Para pemimpin kekuatan sekutu yang menangPrancis, Inggris Raya, Amerika Serikat (AS), dan Italiaakan membuat sebagian besar keputusan penting di Paris selama enam bulan ke depan. Untuk sebagian besar konferensi, Presiden AS Woodrow Wilson berjuang untuk mendukung gagasannya tentang "perdamaian tanpa kemenangan" dan memastikan jika Jerman, pemimpin Blok Sentral dan pecundang utama perang, tidak diperlakukan terlalu keras.

Di sisi lain, Perdana Menteri Georges Clemenceau dari Prancis dan David Lloyd George dari Inggris berpendapat bahwa menghukum Jerman secara jelas dan memastikan kelemahannya adalah satu-satunya cara untuk membenarkan biaya perang yang sangat besar.

Pada akhirnya, Wilson berkompromi pada perlakuan Jerman untuk mendorong penciptaan proyek kesayangannya, sebuah organisasi penjaga perdamaian internasional yang disebut Liga Bangsa-Bangsa.

Perwakilan dari Jerman dikeluarkan dari konferensi perdamaian sampai Mei, ketika mereka tiba di Paris dan melihat rancangan Perjanjian Versailles. Setelah menaruh kepercayaan besar pada janji Wilson, Jerman sangat frustrasi dan kecewa dengan perjanjian itu, yang mengharuskan mereka untuk kehilangan banyak wilayah dan membayar ganti rugi.

Topik Menarik