Insinyur Perempuan Saudi Raih Penghargaan Internasional Usai Temukan Chip Pendeteksi Kanker

Insinyur Perempuan Saudi Raih Penghargaan Internasional Usai Temukan Chip Pendeteksi Kanker

Global | inewsid | Senin, 17 Januari 2022 - 05:40
share

RIYADH, iNews.id-Insinyur perempuan asal Arab Saudi, Dana al-Sulaiman, memenangkan penghargaan internasional Innovators Under 35. Dia meraih penghargaan itu atas kemampuannya membuat chip yang dapat mendeteksi berbagai jenis kanker di dalam tubuh pasien.

Sesuai namanya, Innovators Under 35 adalah penghargaan yang dianugerahkan kepada para penemu atau inovator muda yang berusia di bawah 35 tahun. Para pemenang diumumkan setiap tahun oleh MIT Technology Review magazine, majalah yang secara rutin diterbitkan per dua bulan oleh Institut Teknologi Massachusetts di Amerika Serikat.

"Ini adalah chip kecil yang terbuat dari jarum mikro yang dilapisi dengan zat yang ditempatkan di kulit, dan mampu menyerap cairan, dan mendeteksi biomarker kanker dengan cara yang mudah dan non-invasif," kata Dana kepada saluran TV Alekhbariya saat menjelaskan tentang inovasinya, seperti dikutip kembali Saudi Gazette, Minggu (16/1/2022).

Dia menjelaskan, idenya untuk membuat alat itu berawal dari kegelisahannya saat melihat proses yang menyakitkan dan menjemukan dari metode pendeteksian kanker secara tradisional selama ini, terutama ketika sampel diambil dari pasien.

Perempuan itu menuturkan, chip yang dia buat dapat mengungkapkan berbagai jenis kanker. "Inovasi tersebut tentunya bisa menghemat banyak tenaga, uang, dan waktu," ucap Dana yang juga bekerja sebagai asisten profesor Ilmu Material dan Bioteknologi di Universitas Raja Abdullah (KAUST) itu.

Dia menambahkan, penemuan tersebut memperoleh paten di Amerika. Teknologinya saat ini sedang dikembangkan dan diproduksi dari bahan berkelanjutan di KAUST, kemudian segera dikirimkan ke para dokter di semua rumah sakit.

Penganugerahan Innovators Under 35 bertujuan untuk menghormati para ahli teknis, peneliti pria dan wanita, ilmuwan pria dan wanita, yang usianya tidak melebihi 35 tahun.

Para inovator terpilih akan memberikan presentasi singkat tentang karya masing-masing tidak lebih dari 3 menit.

Topik Menarik