Hamas Ungkap Bukti Israel Latih Lumba-lumba Jadi Agen Pembunuh

Hamas Ungkap Bukti Israel Latih Lumba-lumba Jadi Agen Pembunuh

Global | sindonews | Kamis, 13 Januari 2022 - 11:26
share

GAZA - Kelompok pejuang Palestina Hamas mengklaim telah menangkap mata-mata Israel. Namun yang ditangkap kali ini bukan manusia tapi lumba-lumba.

Menurut Hamas, lumba-lumba pembunuh itu dilatih badan intelijen Israel, Mossad.

Killer Zionist dolphins exist, according to a Hamas publication. Abu Hamza explains that a member of Hamas\' Frogman unit who was killed by Israel during the May conflict found the killer dolphin. The device the alleged killer dolphin was wearing is shown in the publication. pic.twitter.com/gvAyynO3YT

Joe Truzman (@JoeTruzman) January 10, 2022

Lumba-lumba itu mengenakan perlengkapan tempur khusus yang diduga menyerang salah satu unit tempur angkatan laut Hamas di lepas pantai Gaza.

Satu video yang diposting anggota Hamas mengumumkan penangkapan itu dibagikan secara luas di media sosial pada Selasa (11/1/2022).

Selama klip 25 detik, juru bicara dari brigade Al-Qassam, yang diidentifikasi sebagai Abu Hamza, mengatakan, "Unit pasukan katak telah menemukan dan menjebak pembunuh air selama operasi."

Sejumlah media telah mengutip laporan surat kabar Al-Quds, yang tampaknya mencatat bahwa lumba-lumba itu dipersenjatai dengan "perangkat" yang mampu membunuh pejuang Hamas yang diduga dikejar di laut.

Video itu termasuk cuplikan dari alat berbentuk kerucut, seperti tali kekang, yang diduga diambil dari lumba mata-mata yang ditangkap.

Tweeting tentang "lumba-lumba Zionis pembunuh" oleh Joe Truzman, analis di kelompok lobi Foundation for Defense of Democracies yang berbasis di Amerika Serikat (AS), mencatat bahwa Abu Hamza mengungkapkan hewan itu telah ditemukan anggota unit pasukan katak yang dibunuh Israel selama konflik Mei.

Pada Rabu (12/1/2022), akun Twitter resmi Israel yang dikelola "Tim Diplomasi Digital" Kementerian Luar Negeri Israel tampaknya mengolok-olok laporan tersebut dengan memposting serangkaian emoji lumba-lumba, meskipun tidak ada klarifikasi bahwa postingan tersebut merupakan tanggapan atas tuduhan tersebut.

Meski beberapa pengguna media sosial tampaknya menolak klaim Hamas, beberapa pihak seperti analis berita US Naval Institute H.I. Sutton menyatakan, "Laporan tersebut memiliki beberapa kredibilitas karena masuk akal bahwa Israel mungkin memiliki program mamalia laut Angkatan Laut."

Dalam posting blog, Sutton mengatakan, "Sabuk pengaman itu tampaknya pas dengan hidung lumba-lumba dan mirip dengan yang digunakan oleh program semacam itu di negara lain."

Dia menambahkan, "Alat itu tampaknya memiliki perangkat seperti pistol tombak yang terpasang yang bisa menjadi cara untuk menandai target atau senjata langsung."

Namun, dia memperingatkan, "Tidak ada bukti yang menegaskan bahwa tali pengikat itu adalah milik Israel, atau bahkan dari lumba-lumba."

Ini bukan pertama kalinya Hamas menuduh Israel menggunakan lumba-lumba terlatih.

Pada Agustus 2015, BBC mengutip laporan Al-Quds yang mengklaim lumba-lumba lain yang ditangkap telah "dilucuti keinginannya" dan diubah menjadi "pembunuh" oleh pasukan Israel.

Topik Menarik